Recent Posts

Iklan

Diskes Inhil Adakan Pertemuan Pengelolaan Program kesling, Kantin Sehat dan Pengelolaan Program Olah Raga

Kamis, 21 Februari 2019, Februari 21, 2019 WIB Last Updated 2019-12-01T23:29:35Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Foto : Foto Bersama Usai Acara

Indragirione.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan pertemuan Pengelolaan Program kesling,  Puskesmas Penanggung Jawab kantin sehat dan pengelolaan program  olah raga, yang diadakan di hotel Inhil pramata selama tiga hari, dimulai hari  Hari rabu dan berakhir hari Jum'ad, acara tersebut di buka langsung oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir  H. Zainal Arifin, M.Kes dihadiri oleh Kader - kader sehat dan kepala sekolah se Inhil.


Kantin sehat perlu menyediakan makanan dan minuman sehat, bergizi, pengolahannya higienis, sanitasi baik. Selain itu, bahan makanannya tidak mengandung bahan berbahaya seperti pewarna, pengawet, dan penyedap yang berlebihan serta aman untuk dikonsumsi.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir H. Zainal Arifin, M.Kes Melalui Kasi kesehatan Lingkungan kesehatan Kerja Kesehatan Olah Raga Fitriyanto, S.KM. Mas, saat dikonfirmasi mengatakan untuk pertemuan patin sehat ini untuk memotivasi anak -  anak dulu, karena dari anak – anak kita akan mengajari anak – anak untuk mengajari Perilaku Hidup Bersih dan sehat, melalui kantin seha, lingkungan sehatnya untuk mengajak anak- anak untuk membuat Indonesia sehat.


Kantin sehat adalah kantin yang secara fisik baik bangunan, sarana, dan prasarana pendukungnya, sesuai dengan standar kes. Serta dapat menyediakan makanan dan minuman yang sehat, bergizi aman di konsumsi.
Dasar hukum kantin sehat:
1. UU kes. No 36 tahun 2009
2. Uu pangan No 18 tahun 2012
3. PP No 28 tahun 2004 tentang keamanan , mutu dan gizi pangan
4. Kepmenkes RI No 1429/tahun 2006 tentang penyelenggaraan kesehatan lingkungan di sekolah
Tujuan nya : mewujudkan kantin sehat melalui 
-inspeksi lingkungan sekolah
-pengambilan sampel pangan
-peningkatan kapasitas (pelatihan penjamah)
-stikerisasi kantin
Selain kegiatan diatas untuk mewujudkan kantin sehat dgn melakukan hygiene dan sanitasi pangan terhadap paktor risiko :
1. Makanan
2.orang
3.tempat
4.perlengkapanya
Yg dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan lainnya yg di timbulkan ole kantin yg tidak sehat.

Salah satu usaha penting dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat khususnya bagi masyarakat sekolah adalah penyediaan kantin sehat. Hal ini dikarenakan kantin sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam menyediakan asupan makanan atau jajanan bagi anak-anak di sekolah, makanan yang sehat dan berkualitas dapat membantu bagi perkembangan tubuh dan otak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Makanan yang sehat dan aman bagi anak sekolah yang dalam masa pertumbuhan dipengaruhi oleh kantin yang sehat pula, penerapan sistem higienis yang baik terkait dengan bagaimana kantin tersebut menjaga kebersihan jajanannya.

Tambahnya,’’Kegiatan pertemuan Pengelolaan Program kesling,  Puskesmas Penanggung Jawab kantin sehat dan pengelolaan program  olah raga akan berkelanjutan dilaksanakan, Kedepanya akan mengundang lagi untuk mengetahu apa masalah – masalah yang di hadapi di desa – desa yang ada dikabupaten Indragiri Hilir  untuk dicarikan solusinya,’’jelasnya (Adv/ Dinas Kesehatan)

Komentar

Tampilkan


Terkini