Recent Posts

Iklan

UPT Puskesmas Sapat Adakan Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah

Minggu, 24 Februari 2019, Februari 24, 2019 WIB Last Updated 2019-12-01T23:29:34Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Foto : 

Indragirione.com - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Sapat telah melaksanakan sosialisasi pemberian tablet tambah darah pada remaja putri di SMPN 01 Kecamatan Kuala Indragiri dan Mts ishlahiyah.

Hadir Dalam acara sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah, adalah Tenaga gizi Ramadasari, amd. Gz) dan promkes Ahmad Syarif, SKM) Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Sapat Kecamatan Kuala Indragiri.

Kepala Unit Pelayanan Teknis ( UPT) Puskesmas Sapat  Kecamatan Kuala Indragiri Endang Suratmi STT Melalui Tenaga Gizi Ramadasari, amd. Gz mengatakan," Sebelum dilakukan pemberian Tablet Fe dilakukan penyuluhan terlebih dahulu oleh tenaga gizi Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Sapat Kecamatan Kuala Indragiri  tentang anemia dan manfaat tablet Fe bagi remaja putri.

"Setelah Melaksanakan sosialisasi, remaja putri dimasing - masing sekolah langsung diberikan tablet Fe untuk dikonsumsi dihadapan guru UKS dan tenaga kesehatan. UPT Puskesmas Sapat Kecamatan Kuala Indragiri melalui penanggung jawab UKS akan melaksanakan monitoring terkait pemberian tablet tambah darah pada seluruh sasaran dimasing - masing sekolah yang dilaksanakan oleh guru UKS dengan frekuensi pemberian 1x/minggu pada hari yang telah ditetapkan.

Lanjut kata Ramadasari," Upaya pemberian tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisir perempuan usia muda mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Hal ini disebakan karena kurangnya supply oksigen dan makanan ke janin selama masa kehamilan.

Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka UPT. Puskesmas Kuala Indragiri  memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri kepada kedua sekolah tersebut sebagai pilot projek, dan tidak menutup kemungkinan akan diberikan TTD pada remaja putri ke sekolah-sekolah lain yang ada dalam wilayah kerja pada Tahun 2019.

Cara mengkonsumsi Tablet Tambah Darah ( TTD )
Sasarannya adalah seluruh remaja putri ( rematri ) usia 12 – 18 th (kelas, 7, 8, 9, 10, 11 dan 12). Tablet Fe yang sudah didistribusikan oleh Puskesmas ke sekolah, akan diberikan ke remaja putri di sekolah tersebut dan mengkonsumsinya dihadapan guru / walikelas masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa remaja putri itu benar-benar mengkonsumsi tablet Fe. Dosis yang diberikan adalah setiap orang mendapat 1 tablet per minggu selama setahun dan dipantau setiap sebulan sekali oleh Petugas Puskesmas.

Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan.

Semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, remaja putri di Kecamatan Kuala Indragiri menjadi remaja yang lebih sehat," Jelasnya.( Adv/ Diskes Inhil) 


Komentar

Tampilkan


Terkini