Recent Posts

Iklan

Jemaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat Sudah Rayakan Idul Fitri

Senin, 03 Juni 2019, Juni 03, 2019 WIB Last Updated 2019-12-01T23:29:25Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Indragirione.com - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar takbiran menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah pada Minggu (2/6) malam.

Imam Musala Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, mengatakan Tarekat Naqsabandiyah sudah menetapkan Ramadhan berakhir pada 2 Juni 2019. Setelah menunaikan salah Isya, mereka mulai menggelar takbiran menyambut Idul Fitri.

"Kami nanti setelah selesai menunaikan ibadah salat Isya akan melaksanakan Takbiran bersama jemaah lainnya," kata Syafri seperti dikutip Antara.

Sebelumnya jemaah Tarekat Naqsabandiyah menyatakan satu Ramdhan jatuh pada Sabtu (4/5) dan Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Senin (3/6).

"Besok (3/6) kami akan melaksanakan sholat ied di sini," kata dia.

Ia mengatakan penentuan satu Ramadhan telah dihitung sejak Rajab. Menurutnya, penetapan itu dilakukan dengan metode hisab dan rukyat.Hisab adalah penghitungan dan rukyat artinya melihat bulan.

Jika Tarekat Naqsabandiyah sudah berlebaran, Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan dilakukan dengan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Metode tersebut memungkinkan masyarakat tahu sejak dini awal bulan dalam Islam.


Sedangkan pemerintah yang menggunakan metode ru'yatul hilal akan mengamati langsung penampakan awal bulan menggunakan teleskop di beberapa titik di Indonesia. Hasil pengamatan akan dirapatkan dalam sidang isbat. Pada tahun ini, sidang isbat di Kementerian Agama berlangsung pada 3 Juni 2019.

Sumber : Kumparan
Komentar

Tampilkan


Terkini