Iklan

Recent Posts

Ahmad Syarif : Siswa Sekolah Adalah Generasi Penerus Bangsa Yang Perlu Dijaga

Sabtu, 24 Agustus 2019, Agustus 24, 2019 WIB Last Updated 2019-12-01T23:29:08Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Indragirione.com , - Puskesmas  sapat melakukan penyampaian materi SBH, PHBS sekolah dan Penyakit Menular oleh kakak pembina Pramuka SBH dari UPT PKM sapat pada Perjusami SMAN Bina Bhakti Sapat Kecamatan Kuindra.

Kegiatan Perjusami Pramuka di SMA N Bhina Bhakti sapat  merupakan kegiatan wajib bagi siswa Sekolah menengah atas dalam Kurikulum K13


Ahmad Syarif,SKM  selaku tenaga promkes puskesmas sapat mengatakan," Siswa sekolah adalah generasi penerus bangsa yang perlu dijaga, ditingkatkan, dan dilindungi kesehatannya. Sekolah selain berfungsi sebagai tempat pembelajaran, juga dapat menjadi tempat yang berpotensi terjadinya penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik.


Pada umumnya Pramuka juga merupakan siswa sekolah. Jumlah siswa sekolah yang cukup besar yaitu sepertiga jumlah penduduk dan usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai PHBS. Oleh karena itu, siswa sekolah khususnya Pramuka berpotensi sebagai agen perubahan untuk mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat, baik di lingkungan sekolahnya, keluarga dan masyarakat.

Pengertian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah:
PHBS di Sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan
mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan Sekolah Ber-PHBS.

Sekolah Ber-PHBS adalah sekolah yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat sekolah untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan anak sekolah melalui berbagai upaya kesehatan.

Manfaat PHBS di Sekolah adalah Terciptanya sekolah yang bersih dan sehat sehingga masyarakat sekolah terlindungi dari berbagai gangguan kesehatan dan ancaman penyakit.Meningkatkan semangat belajar-mengajar sehingga prestasi belajar siswa meningkat.Meningkatnya citra sekolah.Menjadi contoh Sekolah Ber-PHBS bagi sekolah lainnya.
Besar Harapan Pihak UPT Puskesmas Sapat agar Adik² Pramuka SMA N bisa menerapkan ilmu PHBS yg mereka pelajari di sekolah dan di kehidupan Bermasyarakat Kelak.
Komentar

Tampilkan

Terkini