Recent Posts

Iklan

Zulaikhah Lantik Pengurus PMI Kecamatan

Selasa, 17 September 2019, September 17, 2019 WIB Last Updated 2019-12-01T23:29:01Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Indragirione.com,  - Palang Merah Indonesia (PMI), merupakan salah satu organisasi yang memiliki jaringan luas lain di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikhah Wardan S.Sos ME usai melantik Pengurus PMI Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) Masa Bakti 2019-2024, Selasa (17/9/2019).

Dalam kesempatan itu, dirinya didampingi Sekretaris PMI Inhil H Mukhtar T, Ketua Bidang Organisasi dan SDM PMI Inhil H Rudiansyah, dan anggota PMI Inhil.

Pelantikan yang dilaksanakan di Kantor Camat Kuindra ini dihadiri Camat Kuindra beserta Ketua TP-PKK Kecamatan, Unsur Forkopimda Kecamatan, Lurah Sapat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat setempat.

Salah satu mitra PMI ialah Palang Merah Remaja (PMR). PMR merupakan relawan yang membantu tugas PMI yang bekerja secara ikhlas dan mampu bekerjasama dengan baik antar sesama anggota. Anggota PMR merupakan siswa/ siswi SMP dan SMA/ sederajat.


Oleh sebab itu, Zulaikhah berharap agar PMI Kecamatan segera membentuk PMR yang ada di sekolah-sekolah, serta melaksanakan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota PMR.

PMI memiliki 7 Prinsip Dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Internasional. 7 Prinsip Dasar tersebut adalah: kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan.

Tujuan dibentuknya PMI kecamatan, dikatakan Zulaikhah ialah sebagai perpanjangan tangan dari PMI Kabupaten.

"Jadi nanti jika ada permasalahan mungkin ada musibah, ada bencana, masalah kesehatan seperti gizi buruk, nanti PMI kecamatan bisa bekerjasama dengan puskesmas, kemudian diinformasikan ke PMI kabupaten," ujar Zulaikhah.

Dijelaskannya pula PMI sebagai organisasi sosial, memiliki tugas yang sangat banyak, mulai dari tanggap darurat bencana, memberikan pelayanan kesehatan, dan yang paling penting ialah tentang donor darah.

"Seperti saat ini yang kita alami adalah bencana asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan, PMI membantu membagikan masker kepada masyarakat," pungkasnya.

Setelah pelantikan, dilakukan sosialisasi mengenai kepalang merahan oleh Ketua Bidang Organisasi dan SDM PMI Inhil.

Selesai makan siang, Ketua PMI Inhil dan rombongan bertolak ke Concong untuk melantik Pengurus PMI Kecamatan Concong,"Jelasnya.(riaulink)

Komentar

Tampilkan

Terkini