Recent Posts

Iklan

Puskesmas Tembilahan Kota Lakukan Survei Mawas Diri

Selasa, 17 Desember 2019, Desember 17, 2019 WIB Last Updated 2019-12-17T11:36:20Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
TEMBILAHAN - Survei Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan atau perawat di desa.

Hasil SMD kemudian dibahas melalui musyawarah masyarakat desa sebagai upaya mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg Hj Wahyu Winda M Si, Survei Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan."Survei Mawas Diri dilakukan agar masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah serta untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan yang ada dilingkungannya serta bersama-sama mencari pemecahan masalah kesehatan tersebut," ujarnya.

drg Winda juga mengungkapkan bahwa yang melaksanakan survei adalah Petugas Puskesmas dan Kader Kesehatan seperti kader Posyandu.

"Hasil SMD ini kemudian akan menjadi dasar untuk menyusun rencana program Puskesmas kedepan dan bagaimana upaya pemecahan masalah yang dihadapi," ungkap Winda.

Adapun poin poin yang disurvey sebutnya terdiri dari, Kesehatan Ibu anak dan KB, Kesehatan Lingkungan, PHBS Rumah Tangga, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Gizi, Surveillance dan Sosial Budaya.
Komentar

Tampilkan


Terkini