Recent Posts

Iklan

deskripsi gambar

Cegah Virus Corona Masuk, Diskes Inhil Periksa Penumpang di Pelabuhan

Selasa, 28 Januari 2020, Januari 28, 2020 WIB Last Updated 2020-01-29T03:23:53Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Bualkan.com Cegah masuknya Virus Corona ke Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pengawasan di pelabuhan dan memeriksa setiap penumpang yang baru datang khususnya dari Kota Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin saat dikonfirmasi menyebutkan pengawasan dan pemeriksaan suhu tubuh di pelabuhan sudah dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).


"Ada 3 pintu masuk yang ada di Indragiri Hilir sudah dalam pantauan KKP yakni Kota Tembilahan, Guntung, dan Kuala Enok. Setiap penumpang yang datang harus diperiksa dahulu suhu tubuhnya, tanpa terkecuali," ungkap Zainal Arifin, Selasa (28/1/2020).


Pengawasan pelabuhan terhadap penumpang ini dilakukan sejak Januari. Zainal katakan, untuk Kota Tembilahan berhubungan pelabuhannya masih dalam tahap perbaikan jadi alat pengukur suhu tubuh tidak terpasang, namun tetap dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh oleh pihak KKP kelas III Tembilahan.


Zainal mengatakan sejauh ini Inhil masih terus berada di kategori baik dan tidak ada indikasi terkait Virus Corona tersebut. Oleh karena itu pihaknya terus melakukan upaya pencegahan, salah satunya dari pintu masuk para pendatang yang baru saja berkunjung dari daerah yang diindikasikan rawan pertemuan dengan masyarakat internasional.

"Salah satunya dari pendatang yang dari kota Batam atau dari kota yang diakses melalui pelabuhan, itu yang difokuskan untuk dilakukan pengawasan," tukasnya.


Selain di pelabuhan, Diskes Inhil juga melakukan pengawasan terhadap jemaah umroh yang baru pulang untuk segera dilakukan pengecekan suhu tubuh agar dapat mengetahui keadaan jemaah sepulangnya dari umroh.

"Kita juga sudah lakukan pemeriksaan terhadap jemaah umroh yang baru pulang, agar bisa diketahui keadaannya yang habis umroh," jelasnya.


Zainal Arifin juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada terhadap Virus Corona serta tidak mengambil keputusan sendiri bila mendapatkan ciri-ciri yang serupa.

"Bila ada yang batuk-batuk, sesak nafas, demam segera periksa ke Puskesmas terdekat agar bisa diketahui, bisa jadi itu hanya faktor cuaca. Kami juga mengimbau agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, selalu mencuci tangan agar selalu steril dan menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum," imbuhnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini