Proper daerah binaan Ditjen Bimas RI Tahap ke-2 di Kelurahan Sungai Beringin Berlangsung Sukses - bualkan.com

Breaking

Kamis, 05 November 2020

Proper daerah binaan Ditjen Bimas RI Tahap ke-2 di Kelurahan Sungai Beringin Berlangsung Sukses

TEMBILAHAN-Meneruskan tahun sebelumnya Program percontohan (Proper) daerah binaan Kementerian Agama RI melalui Ditje Bimas berupa ‘Kampung Zakat di Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan yang berjalan 2 tahun ini kembali sukses digelar dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan Covid-19 . 

Kegiatan yang dipusatkan di salah satu aula hotel Tembialahn ini turut dilakukan penyerahan bantuan zakat secara simbolis dari berbagai mitra Proper tersebut mulai Baznar Riau dan Inhil, Dompet Dhuafa, Insiatif Zakai Indoensia (IZI), Unit pengumpul Zakat (UPZ) Kemeng Riau, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan mitra lainnya.

Dalam sambutan Kepala Kemenag Inhil, H Harun SAg Mpd mengatakan Proper ini telah berjalan 2 tahun sejak bulan agusutus tahun 2019 lalu, yang mana di tahap pertama 2019 bantuan yang telah disalurkan sebanyak 1,5 milyar baik itu dislaurkan untuk masjid, mushola maupun majelis Taslim dan sekarang masuk tahap ke-2 ini mencapai 350 juta lebih yang disalurkan melalui mitra yang terlibat dalam proper tahap ke-2 kali ini

“ Kami tidak bekerja sendiri. Ada banyak mitra kerja terlibat dalam program ini, Alhamdulilah tahap ke-2 ini ada bantuan program bedah rumah 2 unit, sumur bor, sembako dan lainnya untuk kampung zakat yakni warga kelurahan Sungai Beringin yang membutuhkan, untuk itu mari sama-sama kita bergerak untuk terus suskeskan Proper ini karena se-Indoensia Alhamdulillah Inhil termasuk salah satunya dalam program dari pusat ini ,” katanya.  

Dr H Mahyudin, MA selaku Kakanwil Kemenag Provinsi Riau yang turut hadir dalam acara tersebut berharap Program ini dapat didukung smeua pihak terutama Pemerintah setempat, mengingat Proper ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri dan kuat melalui pemberdayaan masyarakat, berbasis dana zakat, infak, dan sedekah. 

“ Meski program ini didesain selama kurun waktu tiga tahun, yaitu kini masuk fase tahun ke-2, tentunya Program Percontohan Daerah Binaan di kabupaten berjuluk Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia ini yang ditetapkan di kelurahan Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan dapat bermanfaat dan mari kita dukung terus semoga dapat berlanjut” Ucapnya.  

Sementara itu Bupati Inhil yang diwakili Pj Sekda Inhil, H Fauzar, SE MP dalam sambutannya mengatakan kami selaku pemerintah daerah tentunya sangat mengapresiasi atas program ni apalagi telah berjalan 2 tahun dan tahun ini banyak bantuan biak itu bedah rumah 2 unit, air bersih (sumur bor) dan lainnya dan tentunya ini membuktikan sinergi yang luar biasa.

“ Kita tentunya berharap program ini terus bejalan meski hanya 3 tahun berlaku, semoga saja dapat berjalan terus menerus, mengingat program ini sangat mulia apalagi ditahun ke-2 ini memberikan bantuan bedah rumah, sumur bor, tempat usaha ekonomi kreatif dan lainnya. Serta yang patinay kita beryukur dna bangga Inhil menajdi daerha percontohan dalam program pusat ini” Ucapnya.

Usiai acara penyerhan bantuan secara simbolis dari para mitra proper tersebut juga dilakukan peninjauan dan peletakan tongkat pertama di rumah warga yang dinilai kurang layak yang berada di Jalan Raja Ali Kelurahan Sungai Beringin oleh Kepala Kanwil Riau, Ketua Baznar Riau, Pj Sekda, Kepala Kemenag Inhil, luran dan disaksikan warga setempat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Culture