Iklan

Recent Posts

ziarah Kubur Tradisi Yang Masih Terjaga Hingga Kini

Senin, 12 April 2021, April 12, 2021 WIB Last Updated 2021-04-12T21:12:59Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Ziarah Kubur Tradisi Yang Masih Terjaga


kemuning 
   Sebelum Puasa Ramadhan atau di akhir Bulan Sya'ban , umat muslim biasa melaksanakan tradisi ziarah kubur,
tradisi ini dilakukan untuk mendoakan orang tua, leluhur, kerabat yang meninggal dunia, dan sampai saat ini uniknya tradisi tersebut masih terjaga dengan baik di tengah tengah perkembangan jaman yang semakin moderen.
   senin (12/4/2021), Posmetro Indragiri coba mengupas fakta bahwa tradisi ziarah kubur di kecamatan kemuning ternyata memang masih ada, ketika memasuki sebuah tempat pekuburan di dusun masad Desa Keritang Hulu Kecamatan Kemuning awak media menemui satu keluarga yang tengah melakukan ziarah kubur di pemakaman tersebut.
   Ketika di temui awak Posmetro Indragiri Aris (40) menjelaskan, bahwa ziarah kubur ini adalah tradisi umat muslim yang sudah sejak dari zaman dahulu selalu dilakukan, walaupun saat ini banyak sekelompok orang mengatakan bahwa ziarah kubur adalah bagian dari bid'ah namun pada kenyataannya di indonesia tradisi ini masih terus dilakukan, apalagi menjelang datangnya bulan ramadhan, warga yang tinggal di jalan lintas Timur dususn Sri mambang ini juga menjelas kan bahwa ziarah kubur ini sebenarnya banyak mengandung manfaat, beberapa diantaranya seperti, yang pertama mengingatkan kita bahwa kematian itu pasti sehingga kita sebagai manusia harus sadar bahwa kehidupan kita di dunia ini tidaklah kekal, yang kedua, ziarah kubur juga bermanfaat mengingatkan kita akan akhira, oleh sebab itu kita sebgai manusia di haruskan memperbanyak bekal yang nantinya akan kita bawa keakhirat nantinya, jelasnya.
    Untuk mengali informasi lebih dalam awak media posmetro Indragiri pun mencoba menemui seorang ustad yang dianggap sebagai ulama di dusun Masad tersebut, dia adalah Ustad Sunaryo (50), menurut Ustad Sunaryo ziarah kubur tidak dilarang dalam agama islam, hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda ''Barang siapa berziarah kemakam bapak atau ibunya, paman atau bibinya, atau berziarah kesalah satu makam keluarganya, maka pahalanya adalah sebesar haji mabrur. Dan barang siapa yang istiqomah berziarah kubur sampai datang ajalnya maka para malaikat akan selalu menziarahi kuburnya''. sebut Ustad Sunaryo.
   Lebih lanjut dikatakan ustad Sunaryo namun hukumnya makruh bagi muslimah atau umat muslim perempuan berziarah kubur, hal ini dikarenakan dikhawatirkan muslimah tersebut akan bersedih ketika berada di kuburan dan hal itu yang dilarang di dalam Islam. jelas Ustad Sunaryo.( Wan)



Tampak Satu keluarga tengah berziarah di makam orang tua, Senin 12/4/2021, 
Komentar

Tampilkan

Terkini