Recent Posts

Iklan

Kadis DPKP : Kami Ingin Masyarakat Tahu Fungsi dan Peran DPKP Secara Menyeluruh

Jumat, 24 September 2021, September 24, 2021 WIB Last Updated 2021-09-24T13:45:38Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
TEMBILAHAN-Masih banyak masyarakat belum memahami tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Inhil dalam setiap penugasannya. Sebelumnya, pemahaman masyarakat, DPKP hanya bertugas memadamkan api ketika terjadi kebakaran. Sedangkan saat ini, DPKP Inhil juga melayani Kebakaran dan non kebakaran, evakuasi hewan liar yang sifatnya bisa menganggu kenyaman di lingkungan pemukiman warga. 


Pemahaman tentang peran dan fungsi itu disampaikan Kadis DPKP Inhil Drs H Eddiwan Syasby saat diundang sebagai tamu di acara Podcast YouTube Yudhia Perdana Sikumbang, Rabu (22/9).
Di acara tersebut, Kadis juga menambahkan bahwa peran dan fungsi DPKP Inhil dalam memberikan perlindungan dan keselamatan bagi masyarakat terhadap ancaman yang dapat membahayakan jiwa manusia.
dalam hal ini:
1. Evakuasi binatang berbisa.
2. Insfeksi Proteksi( kesesuaian dan peruntukan) sarana dan prasarana alat pemadam kebakaran dibangunan yakni ditempat2 usaha.bangunan pelayanan publik( Apar/
 Apab).
3. Pemungutan Retribusi Apar dalam rangka upaya peningkatan PAD di tahun 2021.

"Dan masyarakat saat ini banyak terbantu dengan banyak masalah yang dihadapi masyarakat dengan berbagai persoalan diantaranya yg sering diterima laporan; adanya ular.biawak.buaya.tawon yang meresahkan masyaraakat bahkan dapat mengancam jiwa manusia," terang Kadis. 

Drs,H.Eddiwan Shasby MM juga menjelaskan bahwa Tupoksinya tidak hanya melaksanakan tugas operasi darurat kebakaran akan tetapi juga melaksanakan operasi non darurat kebakaran yakni mengevakuasi binatang berbisa yang dapat membahayakan dan mengancam jiwa.

Pemilik Podcast Yudhia Perdana Sikumbang mengatakan niatnya untuk mengundang Kadis Damkar beserta jajaran di DPKP Inhil karena tertarik dengan kinerja Damkar saat ini. Demikian juga dengan eksistensinya paling tidak agar membantu mengedukasi masyarakat dan sosialisai kepada masyarakat bahwa tupoksi Damkar ada juga di bidang penyelamatan.

"Ya, kayak di luar negeri sana. Bagus, sesuai arahan Pak Kemendagri saya baca juga Pak Tito Karnavian berharap memang Damkar menonjolkan sisi Rescuenya," sebut Yudhia.
Komentar

Tampilkan


Terkini