Recent Posts

Iklan

Bupati Inhil HM. Wardan Tinjau Langsung Pilkades Serentak di Desa Karya Tani

Rabu, 20 Oktober 2021, Oktober 20, 2021 WIB Last Updated 2021-11-06T04:41:12Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini

Bualkan.com,  - Usai mengikuti pemantauan Pikades serentak bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa secara Virtual, Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM Wardan MP beserta Unsur Forkopimda Inhil meninjau langsung Pilkades serentak di Desa Karya Tani Kecamatan Kempas (TPS 02), Kamis (21/10/2021). 

Sebagaimana diketahui, Desa Karya Tani Kecamatan Kempas merupakan pilot project untuk Pilkades secara E-Voting di Kabupaten Inhil. 

Secara prinsip, sistem pemilihan E-Voting ini menghilangkan teknis manual pada sistem pemilihan konvensional, seperti surat suara dan perhitungan manual serta rekapitulasi otimatis dan berjenjang. 

Bupati HM Wardan dalam wawancaranya mengatakan, dalam rangka Pilkades serentak di Kabupaten Inhil terdapat 96 Desa yang melaksanakan Pilkades. Dari 96 Desa terdapat 1 Desa yang melaksanakan dengan sistem E-Voting yaitu Desa Karya Tani Kecamatan Kempas. Karena sistem E-Voting ini adalah hal yang baru, untuk itu Pemerintah Kabupaten Inhil bersama Unsur Forkopimda memfokuskan pemantauan di Desa ini.

"Alhamdulillah, dari hasil pemantauan kita dengan menggunakan sistem E-Voting ini sangat efektif, efesienn, dan sistemnya sudah terprogram secara baik sehingga kekhawatiran dalam tindak manipulasi sangat aman," jelasnya. 

Lebih jauh, Bupati menjelaskan untuk tahun ini hanya Desa Karya Tani yang menggunakan E-Voting dikarenakan menyesuaikan keterbatasan anggaran untuk penyediaan alat. 

"Sampai saat ini Pilkades serentak di Kabupaten Inhil berjalan lancar, aman, dan kondusif dan mudah-mudahan sampai akhir penghitungan suara nanti berakhir kondusif dan tidak ada menemukan permasalahan-permasalahan," tutup Bupati.



Komentar

Tampilkan


Terkini