Recent Posts

Iklan

Pentingnya Pengetahuan Sejak Dini, DPKP Dikunjungi Peserta Didik PAUD Zikra

Senin, 22 November 2021, November 22, 2021 WIB Last Updated 2021-11-22T14:04:45Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini


TEMBILAHANKOTA-Puluhan peserta didik yang berasal dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Zikra Tembilahan mengunjungi Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Inhil, Senin (22/11). Dalam kunjungan itu, peserta didik diberi penjelasan tentang profesi petugas pemadam kebakaran dan bahaya kebakaran itu sendiri. 

"Kali ini kami menerima kunjungan peserta didik dari PAUD Ziqra Tembilahan Kota untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bahaya kebakaran dan profesi petugas pemadam,selain memadamkan api petugas Damkar Inhil juga membantu evakuasi hewan liar yang membahayakan keselamatan masyarakat," terang Kadis DPKP Inhil Drs H Eddiwan Syasby MM. 

Dalam kunjungan tersebut, peserta didik ditemani guru pendamping. Para guru juga mendapat pengetahuan mengenai cara 1 api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan alat tradisional.

"Selama kunjungan kami sajikan pengenalan tugas pokok petugas pemadam kebakaran serta peralatan unit mobil pemadam kebakaran," tandasnya.

Dalam kunjungan itu, peserta didik juga dikenalkan dengan berbagai peralatan yang digunakan petugas Damkar saat bertugas. Mulai dari baju APD evakuasi, baju APD tahan api, helm pelindung kepala, masker anti asap, helm evakuasi tawon, alat evakuasi ular, buaya, bagian mobil pemadam kebakaran, alat pemadam api ringan (APAR) hingga sepatu safety dan memperkenalkan hewan yang berbahaya,
   
" Mereka dikenalkan dengan alat dan memperoleh penjelasan tentang kegunaan masing-masing alat tersebut. Setelah itu, petugas menunjukkan teknik dan simulasi pemadaman api menggunakan peralatan tradisional atau seadanya, dan mereka harus tahu bahwa bukan hanya memadamkan api, Damkar Inhil juga selalu sigap untuk mengevakuasi hewan yang berbahaya," jelas Kadis DPKP Inhil,Drs,H.Eddiwan Shasby MM

Menurutnya, dengan datang langsung ke Kantor Damkar, anak-anak lebih mudah menyerap pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan kebakaran.

Marlina salah satu guru PAUD Ziqra Tembilahan Kota mengucapkan terima kasih kepada pihak DPKP Inhil yang telah bersedia meluangkan waktu untuk menambah ilmu untuk anak didik kami. 

"Kegiatan ini juga menambah semangat anak anak belajar sehingga dapat mengenal hewan buas yang berbahaya. Sekali lagi terima kasih , semoga selanjutnya kita dapat menjalani kerja sama nya seperti ini di lain kunjungan berikutnya," kata Marlina.
Komentar

Tampilkan


Terkini