deskripsi gambar

Recent Posts

Iklan

Bupati Inhil HM WARDAN Ajak Masyarakat Buat Minyak Goreng Dari Kelapa

Rabu, 13 April 2022, April 13, 2022 WIB Last Updated 2022-04-13T10:36:15Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini

Bualkan.Com, - Kelangkaan minyak goreng yang menimbulkan keresahan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khusus nya di kabupaten Inhil,membuat Pemerintah daerah berfikir keras untuk mengatasi permasalah ini, baik dengan menyurati pihak terkait sampai melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi.



Seakan tak ingin kehabisan inovasi, Bupati Inhil Drs HM Wardan MP saat rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pemerintah kabupaten Indragiri hilir dalam menghadapi bulan ramadhan serta menjelang hari raya idul Fitri 1443 H. dilantai V kantor Bupati Inhil, jalan Aksia Tembilahan ,Rabu (13/4/2022).




Bupati Inhil HM Wardan, mengajak seluruh Masyarakat Inhil untuk memaksimalkan hasil bumi yakni kelapa untuk di jadikan produk minyak goreng.


"Jika kita mau bergerak, maka kelangkaan minyak goreng ini tak akan berimbas fatal dan membuat resah, Karna kita bisa mengolah kelapa menjadi minyak goreng," ujar Bupati


Kabupaten Inhil yang memiliki jumlah perkebunan kelapa yang sangat luas menjadikannya sebagai negeri hamparan kelapa dunia, dan bukan sebuah rahasia lagi bahwa tanaman kelapa memiliki banyak manfaat, di mulai dari akar,batang,buah,hingga daunnya memiliki peran dan manfaat yang berbeda beda jika di olah.


"Sangat sayang jika kita tidak memanfaatkan potensi alam yang kita punya ini, santan kelapa yang kita hasilkan dari perasaan kelapa parut dapat berubah menjadi minyak goreng dan ini tentu membantu kita dalam menghadapi kelangkaan minyak goreng ini," tambah bupati Inhil.


Proses pembuatan nya juga tidak rumit, cukup memarut beberapa buah kelapa dan di perah hingga menghasilkan Santan lalu santan tersebut di biarkan selama 8 jam agar air dan sari Pati santan nya terpisah, terakhir tinggal di masak Sari Pati santan tersebut di atas api sedang sehingga berubah menjadi minyak


"Orang tua kita dulu juga membuat minyak kelapa sendiri, tidak tergantung dengan stok minyak di pasaran, jadi ayo kita manfaatkan hasil alam kita selain mencukupi kebutuhan memasak kita, minyak goreng juga bisa kita jual dan tentu akan laku dengan kondisi seperti ini," ajak HM Wardan. 

Komentar

Tampilkan

deskripsi gambar

Terkini