Recent Posts

deskripsi gambar

Iklan

DP2KBP3A Inhil Rutin Bina Kampung KB di Desa Pekan Tua

Jumat, 03 Juni 2022, Juni 03, 2022 WIB Last Updated 2022-06-03T13:03:27Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini

Bualkan.Com,- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Be Pemberdayaan Perempuan melaksanakan kegiatan pembinaan dan pertemuan rutin Kades IPM, PKK dan tenaga kesehatan di Kampung Keluarga Kualitas (KB), sekaligus persiapan PKK KN Kesehatan tahun 2022.

Kegiatan diadakan di Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, yang ditaja oleh PLKB Kempas bersama kepala desa dan seluruh unsur Pemerintah Desa Pekan Tua, Jum'at (3/6/2022).

IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) merupakan Kelompok Pembantu tugas PKB dalam meningkatkan keberhasilan dan kesuksesan Program KKBPK. Kader IMP terdiri dari PPKBD (Pembantu Penyuluh KB Desa) yang tersebar di seluruh desa Kabupaten Inhil serta Sub PPKBD (Sub Pembatu PKB Desa) yang jumlahnya tidak sama antar kecamatan. 

Sekarang ini, Kader IMP secara faktual telah lahir dan hadir namun belum nampak kompetensi yang dimiliki serta belum terlibat dan berperan serta secara aktif sebagaimana mestinya. Sehingga peningkatan peran dan kompetensi Kader IMP (PPKBD dan Sub PPKBD) menjadi penting dan mendesak untuk menjawab semua kekurangan dan kelemahan yang ada selama ini.

Dengan demikian agar para kader IMP mampu menjalankan dan melaksanakan program serta kegiatan yang harus dilakukan dengan upaya peningkatan peran dan kompetensi dari kader IMP itu sendiri.

Kepala DP2KBP3A Inhil, R. Arliansyah melalui Sekretaris Fathurrahman mengatakan terlaksananya pertemuan rutin antar pengurus, konsultasi pengurus dengan PKB/PLKB maupun petugas lain yang terkait secara rutin, berkala dan berjenjang juga kepada sesama PPKBD, Sub-PPKBK, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

"Pertemuan rutin merupakan wadah untuk menyampaikan informasi/data, bimbingan, pembinaan, evaluasi, pemecahan masalah dan saran dan solusi terhadap program perencanaan KKBPK di Desa/Kelurahan," katanya.

Ia mengatakan tujuan pertemuan mendorong peningkatan kesertaan KB masyarakat yang meningkatkan mandiri dan lestari, Mendorong peran serta dan kepedulian masyarakat untuk memberikan perhatian kepada kesehatan dan keselamatan ibu dan keluarganya.

Selain itu, meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan reproduksi dalam rangka membina keluarga, peningkatan ketahanan keluarga yang mencakup aspek keagamaan, pendidikan, sosial budaya, cinta kasih dan perlindungan dalam rangka mewujudkan keluarga kecil, peningkatan kesadaran keluarga tentang perlunya menerapkan pola asuh anak dengan memperhatikan tumbuh kembang anak balita secara optimal pengetahuan peningkatan dan keterampilan keluarga lansia dan keluarga yang memiliki anggota keluarga lebih dari 60 tahun ke atas dalam pengembangan, pengasuhan, perawatan dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lain dan membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang melalui komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak remaja dan mendorong keluarga agar mau dan mampu meningkatkan pendapatan keluarga melalui pemberdayaan ekonomi keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera, sikap hidup.

Kegiatan IMP sendiri melakukan pencatatan secara rutin dan ikut melaksanakan pendataan keluarga. Kegiatan IMP juga bersama Penyuluh KB membuat dan melakukan pemetaan sasaran (demografi, tahapan KS dan sebagainya)
Komentar

Tampilkan

deskripsi gambar

Terkini