Recent Posts

Iklan

anggota Kodim 0314/Inhil menggalakkan perawatan dan budidaya tanaman sayuran hidroponik

Jumat, 29 Mei 2020, Mei 29, 2020 WIB Last Updated 2020-05-29T07:34:51Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
TEMBILAHAN, - anggota Kodim 0314/Inhil, menggalakkan perawatan dan budidaya tanaman sayuran hidroponik jenis Pokcai, Kailan, Bayam Merah dan lainnya yang dalam hal ini ditanam oleh Kopda Aidil anggota Tuut Kodim 0314/Inhil di kediamannya Jalan Swarna Bumi Tembilahan dengan menggunakan media busa/gabus sebagai media penyemaian dan media tanam, Rabu (27/05/2020). 


Kopda Aidil menuturkan, budidaya tanaman hidroponik jenis sayuran dilakukan dengan menanam dan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan selalu memperhatihan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.


"Pengembangan budidaya tanaman hidroponik ini bisa juga menjadi salah satu upaya mengoptimalkan wilayah teritorial sekaligus menjadi motor penggerak terhadap salah satu program alternatif ketahanan pangan di tengah masyarakat," ujar Kopda Aidil


jenis tanaman yang sedang dikembangkan di sekitar kediamannya seperti jenis sayuran pokcai, bayam merah, dan sayuran kailan. 


"Kondisi tanaman hingga kini memasuki 1 bulan setengah sedang dalam tahap pertumbuhan dari semula persiapan bibit sebelumnya," sebut Kopda Aidil. 


Budidaya tanaman hidroponik dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam, terutama bagi masyarakat perkotaan.


Selain itu, dengan pola tanam hidroponik akan memberikan banyak keuntungan yakni tanaman dapat cepat tumbuh, perawatannya mudah dan juga dapat menjadi pemandangan yang hijau di pekarangan sekitar lingkungan rumah. 


"Teknik hidroponik ini bisa menjadi alternatif terhadap lahan yang sempit akan tetapi ingin melakukan kegiatan bercocok tanam. Begitu juga dengan berbagai jenis sayuran dapat dengan mudah ditanam dengan teknik hidroponik ini, karena sarana yang digunakan adalah pipa paralon yang dilobangi sebagai media wadah media tanam. Namun dalam hal ini, kami mencoba dengan menggunakan media busa dan styrofoam yang di tempatkan dalam sebuah kolam. Mekanismenya seperti yang kita jelaskan tadi," jelas Kopda Aidil.


Ia juga mengingatkan, tanaman hidroponik dapat ditempatkan di mana saja, akan tetapi jangan sampai lama terkena hujan karena unsur hama dan nutrisi tanaman akan encer dan menghilang. Maka dari itu kita mensiasatinya dengan membuat sebuah gubuk isolasi dengan menggunakan seng plastik transparan agar tidak tembus hujan dan tentunya penyinaran matahari yang cukup. 


Ditempat lain Dandim 0314/Inhil menyebut bahwa Kodim 0314/Inhil nantinya harus menjadi contoh dalam pengembangan hidroponik, khususnya diwilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), sebab hal tersebut merupakan bisa menjadi salah satu implementasi dari serbuan teritorial dan ketahanan pangan masyarakat.
Komentar

Tampilkan


Terkini