Recent Posts

Iklan

Permasalahan Sulaiman Tidak Perlu Saling Menyalahkan Mari Kita Cari Solusi Bersama

Sabtu, 31 Oktober 2020, Oktober 31, 2020 WIB Last Updated 2020-11-01T05:20:56Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
· Plt Kepala SMAN 1 Tembilahan Hulu : Kami Pindahkan Bukan Dikeluarkan dan Kami Siap Adakan pertemuan Kembali

· Dewan Pendidiakn : Kita Siap Jadi Mediasi dan Kedepan Sekolah Diminta Lebih Berkoodinasi
 

TEMBILAHAN-Plt Kepala SMAN 1 Tembilahan Hulu, Dra Faridah Aryani MPd secara tegas membantah pihak sekolahnya mengeluarkan siswanya bernama Sulaiman hanya karena persoalan tugas apalagi secara sepihak.

dirinya juga mengaskan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan siswanya apalagi hal terkait tugas dan belajar, pihaknya melakukan tindakan itu sesuai keinginan siswa dan keluarga bersangkutan untuk minta pindah ke sekolah dan itu diakui wali kelasnya tersebut.

"Tidak benar kalau kami keluarkan siswa dan sampai tidak sekolah lagi. ada kesalahpahaman, dan pihak sekolah rencana akan mengelar pertemuan dengan pihak keluarga Sulaiman pada hari Senin 2 November 2020 (Hari ini red), Jadi kita tegaskan kembali kami hanya ikuti kemauanya yang ingin minta pindahkan, bukan di keluarkan," ujarnya saat dikonfirmasi Posmetro Indragiri, melalui via telpon, Sabtu(31/10/2020).

 "Iya kita akan adakan pertemuan kembali keluarga Sulaiman ke Sekolah dan mendudukkan bersama wali kelas lagi untuk memastikan dan menjelaskan permasalahan ini dengan sebenar-benarnya karena kita tidak mau juga dituduh mengambil keputusan secara sepihak, yang jelas kita hanya menuruti kemaunya yang mau pindah bukan kita keluarkan apalagi secara sepihak," ucap Faridah lagi  

Dra Farida juga mengatakan sebenarnya pihak sekolah sudah mencoba berbagai cara agar tidak mengeluarkan surat rekomendasi pindah terhadap Sulaiman, namun karena yang bersangkutan sendiri yang meminta ditambah sudah diminta belajar secara Daring (Dalam Jaringan) tidak bisa. Selanjutnya ke Luring (Luar Jaringan) juga tidak dikerjakan, lalu pihak sekolah (wali kelas, red) menanyakan ke siswa bagaimana baiknya agar tetap bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

"Lalu wali kelas mencoba menanyakan permasalahan agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Namun Siswa bersangkutan meminta pindah," terangnya.

Saya juga sudah menanyakan hal ini baik-baik ke wali kelas apakah benar mau pindah karena situasi pandemi, kata Wali kelas sudah menjadi permintaan anak tersebut yang mau pindah.

“ Nah dari situ kita panggil pihak keluarga agar mengetahui dan percakapan tentang ini ada rekamannya bahkan kita juga sudha koordinasi kepada pihak komite. Dan lebih bagusnya ini dibicarakan pas hari Senin agar jelas duduk permasalahannya," paparnya lagi.

Ditempat terpisah ketua Komite SMAN 1 Tembilahan Hulu, H Fahrulrozi mengatakan pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah terkait permasalahan ini selagi yang dijalankan sesuai dengan prosedur dan untuk kebaikan bersama. 

"Saya sudah melakukan koordinasi ke pihak sekolah dan meminta keterangan mereka, dari koordinasi ini saya lihat pihak sekolah tidak bisa disalahkan sepenuhnya dan kita juga jangan ada saling menyalahkan satu dengan lainnya melainkan mari kita cari solusi bersama, karena tidak ada paksaan dan pihak keluarga yang meminta surat pindah tersebut, namun ktia juga tetap menungu hasil pertemuan nantinya" ujarnya. 

 Selain itu Fahrulrozi juga berharap dan menghimbau kepada semua masyarakat agar mendengarkan dua belah pihak terkait permasalahan ini supaya tidak simpang siur dan bisa memahami permasalahan dari awal.

Terkait hal itu, Ketua Dewan Pendidikan Inhil melalui Wakil Ketuanya Syaiful Anwar SPd MPd mengaku phaknay siap menjadi mediasi dan mendampingi hingga tuntas permasalah tersebut.

“Memang saat ini sebaiknya didengarkan dari kedua belah pihak dan kami baru-baru ini telah telusuri dari awal bahkan telah berkunjungi di rumah bersangkutan yang mana diketahui Sulaiman memang keluarga dari kurang mampu dan melihat situasi masa covid19 tidak normal maka wajar pembelajaran pun juga tidak normal untuk itu seharus sebelum memutuskan kedepannya kita harpakan pihak sekolah itu berkoordinasi dengan pihak terkait baik dewan pendidikan, maupun Dinas pendidikan, karena kami melihat permasalah tidak mendasar, keputusan itu masih kurang prosedural, belum memenuhi unsur yang ada” Akuinya

Lanjut Syaiful Anwar yang juga Pengawas Sekolah Disdik Inhil ini bahwa pihaknya siap hadir dan mendampingi kedua belah pihak pada senin nanti menjadi mediasi dalam permasalahan tersebut.

  “ Kita tidak ingin saling menyalahkan yang penting ambil pelajaran kedepan sekolah harus lebih berkoordinasi lagi soal seperti ini, dan kepada sulaiman terus semangat menuntut ilmu disekolah dengan baik, karena kita lihat ini hanya masalah pandemi Covid19 yang tidak normal maka belajar dan situasipun tidak normal, kalau pindah sekolah lain tentunya nimbul masalah baru lainnya lagi, jadi mari kita selesaikan dengan baik sebab dimasa pandemi ini sesuai intruksi kemendikbud memang pembelajaran tidak perlu difokus kemateri melainkan pelajaran fokus aktifitas siswa, jangan menekan buat tugas atau tidak yang penting jaga semangat belajar anak-anak”Ajaknya.
Komentar

Tampilkan


Terkini