Recent Posts

Iklan

110 MAHASISWA UNISI TERIMA BEASISWA KIP-KULIAH

Rabu, 17 Februari 2021, Februari 17, 2021 WIB Last Updated 2021-02-17T12:02:28Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
TEMBILAHAN-Setelah dilakukan seleksi dan verifikasi yang ketat, sebanyak 110 orang mahasiswa/i Universitas Islam Indragiri (UNISI) berhasil lulus mengisi kuota penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang pada tahun 2020 lalu diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada UNISI. Beasiswa yang dulunya bernama Bidikmisi ini diberikan dengan tujuan menunjang biaya pendidikan tinggi bagi mahasiswa kurang mampu secara finansial serta berprestasi dari sisi akademik. 

Pada Selasa tanggal 16 Februari 2020 lalu bertempat di Aula Kampus 1 UNISI Jl. Propinsi Parit 1 diadakan acara penyerahan buku tabungan bagi mahasiswa UNISI penerima beasiswa KIP Kuliah oleh pihak bank yang ditunjuk pemerintah pusat yakni Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pekanbaru hadir pada acara dimaksud Dr. H. Najamuddin, Lc, MA selaku Rektor UNISI didampingi oleh Wakil Rektor bidang 1 dan Kabag Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UNISI, serta berindak menyerahkan buku tabungan penerima beasiswa KIP Kuliah adalah Aradila Priando, selaku perwakilan dari BTN.

Kebanggaan tersendiri bahwa mahasiswa asal daerah seperti Indragiri Hilir, apatah lagi beralmamater kampus yang juga di daerah seperti UNISI mendapat perhatian dari pemerintah pusat, sebagaimana yang disampaikan oleh Rektor UNISI dalam sambutannya, “Beasiswa KIP Kuliah ini sangat membanggakan, kita merasa sangat bahagia dan ini adalah penghargaan atas kinerja dan eksistensi kampus atau universitas kita, beasiswa KIP Kuliah ini merupakan beasiswa favorit dan bergengsi saat ini”. UNISI sendiri dalam 5 tahun terakhir selalu mendapatkan kuota pengelolaan beasiswa -dulunya bernama beasiswa Bidikmisi- dari Kemendikbud ini, dan pada tahun 2020 lalu dengan kuota terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. 

Rektor UNISI berpesan, "Mahasiswa penerima KIP Kuliah harus menpunyai nilai plus, punya kompetesi akademik tambahan, harus mampu berbahasa asing, dan kedepannya akan diusahakan bersertifikasi BNSP di bidang ilmu keahlian masing2". "Beasiswa ini adalah amanah negara, harus disyukuri dalam artian belajar sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, selalu mempertahankan prestasi akademik, jangan sampai ditengah jalan karena prestasi akademiknya turun, mau tidak mau harus diganti dengan mahasiswa lain yang lebih memenuhi syarat".

Lebih lanjur Rektor UNISI juga berharap, “InsyaAllah kalau beasiswa KIP Kuliah bagi Mahasiswa angkatan tahun 2020 efektif, prestasi akademiik atau prestasi belajarnya meningkat, mudah-mudahan kuota KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru tahun 2021 yang akan datang bertambah”, harapnya. "Sekali lagi selamat kepada kepada penerima KIP, jangan lupa diberitahukan kepada kedua orang tua sembari meminta restu do'a agar dimudahkan dalam menjalani, dan selalu bantu mensosialisasikan kampus, mengajak adik-adik dan teman-temannya untuk juga berkuliah di UNISI dengan memanfaatkan beberapa beasiswa yang ditawarkan", sambungnya. 

Di lain pihak, Aradila Priando selaku perwakilan BTN yang bertindak menyerahkan buku tabungan penerima KIP Kuliah menyampaikan kesiapan Bank BTN dalam membantu transfer dana beasiswa, sembari mengucapkan selamat dan semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin kepada mahasiswa UNISI penerima beasiswa KIP Kuliah.

Kuota beasiswa KIP Kuliah sendiri hanya diberikan kepada Perguruan Tinggi atau Universitas yang Terakreditasi B pada sebagai besar program studi atau jurusanya oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Peruntukan Beasiswa KIP Kuliah kepada mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa baru hingga mereka menamatkan pendidikan tepat waktu, untuk jenjang pendidikan strata satu (S1) maksimal selama 8 semester, dengan syarat harus dapat mempertahankan prestasi akademik di setiap semesternya. 

Salah seorang mahasiswa UNISI asal kecamatan Enok penerima KIP Kuliah, Amar Makruf ketika dimintai komentar mengatakan, “Bersyukur, bahagia, dan bangga mendapatkan kesempatan berkuliah di UNISI sehingga menerima KIP Kuliah, insya Allah kami akan memanfaatkanya dan merasa tertantang kalau prestasinya menurun, beasiswa akan diputus” ujarnya. Untuk diketahui bahwa ke 110 mahasiswa UNISI ini akan diberikan uang saku sebesar RP. 4.200.000 setiap semester dari program beasiswa KIP Kuliah.
Komentar

Tampilkan


Terkini