Recent Posts

Iklan

4 Amalan Di Bulan Ramadhan Hadapi Covid-19

Jumat, 23 April 2021, April 23, 2021 WIB Last Updated 2021-04-23T10:52:26Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Oleh : AI ILA ROHILAH, S. PdI

( Penyuluh Agama Non PNS Kemenag Kab. Inhil Kecamatan Tembilahan )

 

Bulan Ramadhan tahun 1442 H /2021 M telah berlangsung 1 pekan kita rasakan bagi umat muslim di seluruh dunia termasuk di negeri seribu parit (Inhil) ini. Sebagai seorang Muslim, tentunya kita penuh bersyukur atas rahmat dan kesempatan umur yang diberikan bisa berjumpa dibulan penuh berkah dan ampunan ini meski dalam situasi tengah wabah pandemi Corona (Covid19)

Namun semua itu bukan berakti kita tidak melakukan amalan-amalan dibulan suci ini, mengingat bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Allah SWT melipat gandakan pahala semua amal ibadah di bulan Ramadhan.

Nah, sedikit ilmu yang saya miliki melalui tulisan artikel di rubrik situs resmi web kemenag.co.id ini¸ semoga bisa menjadi infirasi dan motivasi bagi kita semua dimana ada 4 amalan yang diajurkan oleh Nabi Muhammad SAW bagi kita ditengah wabah seperti ini.

Yang pertama saat ini lah kita menata niat yang baik, ikhlas dan penuh menyambutnya dengan penuh kegembiraan

Rasulullah SAW bersabda :

Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk ke dalam neraka.

Begitu mulianya bulan Ramadhan sehingga menyambut dengan perasaan senang dan gembira saja Allah SWT akan memberikan jaminan surga kepadanya. Dengan catatan jika semua itu dilaksanakan dengan penuh keimanan dan keihlasan

 

Yang Kedua perbanyak membaca Al Qur'an, dan Perbanyak Sedekah. Hal ini tentunya sebelum masuk bulan Ramadhan yaitu bulan Rajab dan Sya'ban, sudah mulai melatih diri dengan melaksanakan amalan-amalan sunat, misalnya berpuasa, membaca Al Qur'an, memperbanyak sedekah dan zakat mal (harta). Hal ini sesuai dengan hadits Nabi diriwayatkan dari Anas: "Bahwa umat Islam ketika masuk bulan Sya'ban, maka senantiasa membaca Al Qur'an dan mengeluatkan zakat hartanya, sebagai, bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa.

 

Yang Ketiga Perbanyak Berdoa dan Berzikir Mengingat masih terjadi wabah virus corona, hal ini merupakan kesempatan kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan perbanyak doa dan zikir kepadaNya apalagi saat ini tempat ibadah (masjid/musaloh) tidak diajurkan diganti dengan berdoa dari rumahnya masing-masing.

Yang Keempat Silaturahmi dan Saling Memaafkan, dizaman cangih dan teknologi saat ini silaturahmi dan mengucapkan maaf kepada sesam muslim bukan perkara yang sulit, yang pasti disituasi pademi covid19 ini mari memanfaatkan fasilitas teknologi saat ini untuk menignaktkan silaturahmi dan slaing memanfaatkan antar sesama. Untuk kegiatan silaturahmi dan saling meminta maaf tentunya bisa dilakukan kapan saja dan dimana melalui media sosial dan media daring mengingat masih ada kebijakan untuk physical distancing dan PSBB.

Inilah 4 Amalan di bulan Ramadhan yang sekiranya dapat kita laksankan dibulan suci ini, karena covid19 bukan penghalang kita untuk meraih amalan di bulan ramadhan, hanya membatasi kita untuk berjumpa antar sesama manusia namun Covid19 tidak akan pernah mampu memisahkan kita kepada amalan kita bersama Allah SWT.
Komentar

Tampilkan

Terkini