Recent Posts

deskripsi gambar

Iklan

Dinkes Inhil Berikan Pengatahuan Penanganan HIV Dan IMS

Selasa, 02 Agustus 2022, Agustus 02, 2022 WIB Last Updated 2022-08-02T10:15:13Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Bualkan.com,_ Dinas kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar pertemuan Tatalaksana Pengobatan Khusus HIV Dan IMS bagi seluruh dokter Fasyankes dikecamatan Se-kabupaten Inhil yang menghadirkan narasumber dari provinsi Riau, pertemuan tersebut dilaksanakan di Hotel Harmoni, Jl. Abdul Manaf Tembilahan, Selasa (2/8/2022).


Penanggulangan HIV AIDS mempunyai visi untuk menghentikan AIDS pada tahun 2030 dengan tujuan  Meniadakan kasus infeksi baru (Zero new infection), Meniadakan kematian karena AIDS (Zero AIDS Related Death) dan Meniadakan diskriminasi (zero discrimination). 


Selaku Kadis Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri, SKM, MKL, menyampaikan melalui Kabid P2P Dinkes Kab. Inhil, Devi Natalia, SKM, MH, Untuk mencapai tujuan menghentikan epidemi HIV pada tahun 2030, salah satu tahapan yang ditempuh oleh Kementerian Kesehatan untuk mencapai tujuan diatas adalah dengan memasukkan HIV sebagai standar pelayanan minimal dalam Permenkes no 43 tahun 2016, tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, pasal 2, ayat 1 yang berbunyi.

“Setiap orang berisiko terinfeksi HIV (ibu hamil, pasien TB, pasien IMS, waria/transgender, pengguna napza, dan warga binaan lembaga pemasyarakatan) mendapatkan pemeriksaan HIV sesuai standar," ujar Kabid P2P Dinkes Kab. Inhil, Devi Natalia, SKM.



Selanjutnya, Untuk mendukung visi dan tujuan tersebut dilakukan upaya perluasan dan peningkatan akses tes dan pengobatan secara bertahap agar fasyankes-fasyankes mampu melakukan tes HIV, dan  mampu memberikan ARV dengan menyederhanakan indikasi pengobatan ARV.

"Dengan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam  melakukan  tes HIV di fasyankes, khususnya dalam melakukan tes HIV dan skrining dengan Reagen1, memberikan informasi hasil tes, melakukan edukasi untuk notifikasi pasangan, melakukan edukasi kepatuhan pengobatan ARV, dan melakukan pencatatan dan pelaporan layanan tes HIV di tingkat fasyankes," Tuturnya Kabid P2P Dinkes Kab. Inhil, Devi Natalia, SKM.


Komentar

Tampilkan

deskripsi gambar

Terkini

Inhil

+