DP2KBP3A Inhil dan PATBM Meriahkan HAN


Bualkan.com,_ Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional (HAN) Kali ini,Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  merayakan Hari Anak Nasional dengan mengadakan kegiatan perlombaan dengan mengankat tema Anak Terlindungi Indonesia Maju.


Selaku Ketua Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Ridwan,
Mengungkapkan, semoga menambah wawasan dan pengetahuan seluruh peserta tentang pentingnya kegiatan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

“Tujuan ini untuk memperkuat kapasitas masyarakat dalam upaya perlindungan anak dengan mencegah dan memecahkan masalah mandiri terhadap kekerasan anak yang terjadi di masyarakat,” Ujar ketua PATBM Ridwan di gedung Darma wanita, Ahad (14/8/2022)

Serta yang tak kalah pentingnya, kegiatan ini membangunnya mekanisme yang efektif untuk mengindentifikasi, mendeteksi, menolong, dan melindungi anak yang menjadi korban kekerasan termasuk untuk mencapai keadilan bagi korban dan pelaku.


"Perayaan Hari Anak Nasional tersebut,mengajak anak anak mulai dari tingak PAUD, SD, Hingga SMP untuk menari, yel-yel ucapan HAN serta mengajak mereka untuk mengenalkan macam macam jenis tanaman di Taman Bermain Ramah Anak," Katanya.

Sementara itu Kepala dinas DP2KBP3A Inhil R Arliansah yang diwakili sekretaris DP2KBP3A Inhil, Faturrahman, Menyebutkan bahwa tema HAN tahun ini sangat strategis untuk mengingatkan dan membuka tentang bagaimana anak-anak untuk tetap mengekspresikan dirinya sesuai dengan pertumbuhan perkembangan baik secara fisik maupun sedikitnya itu untuk tumbuh berkembang dengan baik.

“Dengan demikian di kemudian hari anak-anak kita ini menjadi anak yang memiliki masa depan yang baik," Ucapnya.

Selanjutnya, bahwa tema HAN tahun ini juga mengandung makna bahwa kita sebagai orang tua itu sesungguhnya mengayomi serta memberikan perlidungan dan selalu mendampingi anak dan bahwa posisi sebagai orang tua dari pada anak adalah agar mendorong anak-anak agar memiliki prestasi yang lebih baik dan yang lebih unggul di kemudian hari.

“Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, sudah menjadi tugas kita dalam membimbing dan mendidik serta membentuk ahlak dan moral mereka," Tutupnya sekretaris DP2KBP3A Inhil Faturrahman.

Berita Lainnya

Index