KPU Inhil Gelar Penetapan Kursi Calon Terpilih Anggota Dewan

KPU Inhil Gelar Penetapan Kursi Calon Terpilih Anggota Dewan

BUALKAN.COM,INHIL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, di aula hotel Top 5 Tembilahan Kabupaten Inhil, Kamis (02/05/2024) malam.

Penghitungan dan penetapan kursi calon terpilih anggota DPRD Inhil tersebut disaksikan langsung oleh Pj Bupati Inhil, Ketua Bawaslu Inhil, para pimpinan Parpol yang ada di Kabupaten Inhil, Forkompinda, Ketua DPRD Inhil, Kesbangpol, Insan Pers Se-Kabupaten Inhil serta tamu undangan yang hadir.

Ketua KPU Kabupaten Inhil, Syamsul Masjan dalam sambutannya mengatakan, pentingnya tahapan pemilihan untuk pilpres dan pileg serta mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam proses pemilu.

Rapat dilanjutkan dengan pembacaan dan keputusan KPU mengenai penetapan perolehan jumlah kursi dan calon anggota dewan terpilih tahun 2024. Setelahnya, diumumkan nama-nama anggota Dewan Terpilih beserta jumlah kursi yang diraih oleh masing-masing partai politik di DPRD Kabupaten Inhil.

Dalam wawancaranya samsul menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu serentak 2024 pada waktu yang lalu sudah ditetapkan, dan untuk kursi di Provinsi Riau asal Inhil terdapat 8 kursi.

Penetapan perolehan kursi untuk tujuh dapil untuk masing-masing partai politik ialah Dapil satu 8 Kursi, dapil dua 6 kursi, dapil tiga 5 kursi, dapil empat 5 kursi, dapil lima 6 kursi, dapil enam 10 kursi, dan dapil tujuh 5 kursi. Dan untuk total keseluruhan 45 kursi DPRD Kabupaten Inhil 2024-2029. 

"Kita telah menetapkan perolehan jumlah kursi perolehan masing-masing partai politik dan calon terpilih 45 anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir hasil pemilu tahun 2024," tuturnya. 

Samsul juga menambahkan bahwa selama pelaksanaan rapat pleno terbuka Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, tidak ada sanggahan dan sengketa dari partai politik. Artinya, pemilihan Kabupaten DPRD Inhil ini tanpa ada sengketa baik sengketa administrasi sengketa hasil tentunya ini patut diberikan apresiasi karena selama pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Inhil berjalan lancar dan aman. 

"Jadi, pada malam hari ini tugas dan tanggung jawab kami KPU sudah selesai untuk Pemilu yang kemarin. Kita akan berfokus pada Pemilihan kepala daerah karena pelaksanaan nya sudah tidak lama lagi. Terima kasih kepada seluruh pemilih pada pemilu tahun ini dan segenap masyarakat Inhil atas partisipasinya dalam menyalurkan hak pilihnya juga dalam menjaga kondusif di daerah kita ini, sehingga pelaksanaan Pemilu dapat dilaksanakan dengan aman tertib damai, terima kasih atas kerjasamanya," tutupnya. 

Berita Lainnya

Index