Rakor IPAK Dimensi Pengalaman Pada Layanan Publik

Rakor IPAK Dimensi Pengalaman Pada Layanan Publik

BUALKAN.COM, INHIL-Penjabat (Pj) Sekda Inhil Ery Putra mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Dimensi Pengalaman Pada Layanan Publik, bertempat di Ruang Melati, Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, selasa (14/05/2024).

Hadir dalam acara, Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Riau, Elly Wardani, Kasatgas koordinasi dan supervisi wilayah I, Agus Priyanto, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Prov. Riau, Bambang Pratama dan Inspektur Prov. Riau, Sigit Juli Hendriawan serta diikuti Sekda kab/kota se-prov riau dan Kepala OPD di lingkungan pemerintah prov. Riau.

Turut mendampingi Sekda Inhil, Asisten III Setda Inhil Fajar Husin, Inspektur Daerah Budi Nugroho Pamungkas, Kadis PMPTSP, Haryono Karim.

Rakor yang ditaja oleh Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah 1 Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi Komisi Pembrantasan Korupsi ini dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

Kasatgas koordinasi dan supervisi wilayah I, Agus Priyanto dalam sambutannya mengatakan, ada 3 indikator keberhasilan pemberantasan korupsi yang digunakan sebagai alat ukur, diantaranya Survei Penilaian Integritas (SPI), IPAK, dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK).

"IPAK mengukur tingkat permisifitas masyarakat terhadap perilaku anti korupsi dan mencakup 3 fenomena utama korupsi, yaitu penyuapan, pemerasan, dan nepotisme," terangnya.

pencegahan korupsi pelayanan publik diarahkan pada perbaikan sistem dan tata kelola pelayanan publik dengan mengacu pada prinsip good governance dan perlu keterlibatan seluruh pihak untuk mengeliminasi perilaku korupsi terutama pada pelayanan publik, tambahnya.

"Melalui kegiatan Rakor ini, semoga dapat mendorong peningkatan dimensi pengalaman persepsi anti korupsi, khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau," tutupnya.

Sementara itu Pj Sekda Inhil Hery Putra disela-sela Rakor mengatakan, Kabupaten Indragiri Hilir terus melakukan perubahan dalam menciptakan good governanve yang baik.

"Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas adalah komitmen pemwrintah Kabupaten Indragiri Hilir," ujar Pj Sekda.

Berita Lainnya

Index