Perlunya Peningkatan BUMDes Untuk Peningkatan Ekonomi

Perlunya Peningkatan BUMDes Untuk Peningkatan Ekonomi

BUALKAN.COM, INHIL_ Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Kab.Inhil) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDes) kegiatan Berlangsung di Aula Kantor Camat Gaung Anak Serka (GAS) Jl.Tengku Ahmad No 01 Teluk Pinang, Selasa (28/05/2024). 

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari, diikuti  Kepala Desa, Direktur BUMDes se-Gas dengan menghadirkan narasumber Datun Kejaksaan Negeri Kab.Inhil, Inspektorat Inhil, P3MD dan DMIJ Plus. Kegiatan langsung dibuka Sekretaris Camat Gas. 

Selaku Kepala Bidang PUED dan TTG PMD, Rajuddin, SE.M.Si, menyampaikan, Bumdes merupakan badan hukum yang didirikan oleh desa dan atau bersama-sama desa guna mengelola usaha memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa layanan dan atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat.

 

“Namun demikian, Dengan status badan hukum, BUMDes menjadi lebih fleksibel dalam mengelola aktifitas usahanya, karena status badan hukum membuat BUMDes lebih mudah mendapatkan akses permodalan sehingga dapat mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat,” Ujar Rajuddin selaku Kabid PUED dan TTG PMD. 

 

Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa pembentukan dan pengelolaan BUMDes sebagai badan hukum yang pengaturannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip korporasi pada umumnya, namun tetap menempatkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan sebagai pilar utama dalam pengelolaan bumdes dengan prinsip profesional, terbuka dan bertanggung jawab, partisipatif, prioritas sumber daya lokal dan berkelanjutan. 

“Untuk itulah diperlukan pendampingan dan pengawasan dari instansi terkait, seperti Inspektorat dan Kejaksaan Negeri Tembilahan sehingga dapat segera menyesuaikan badan hukum,” pungkasnya.

 

Berita Lainnya

Index