Pelajar SD, SMP sampai SMA di Rohil Ikuti Simaan Al Quran

Indragirione.com, - Simaan Al-Qur'an  digelar di depan kantor BKAD Rohil Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Rabu (0l2/10/2019). Murid SD,SMP dan SMA sederajat memenuhi tempat yang disediakan panitia pelaksana. Masing-masing pelajar tersebut membawa Al-Quran.

Tampak hadir wakil bupati Rohil, Drs H Jamiludin, setdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, forkopimda, kakankemenag Rohil H Agustiar, Sag, sejumlah pejabat pimpinan pratama OPD Rohil, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, ormas dan OKP di lingkungan pemda Rohil.

Setdakab Rohil dinobatkan untuk membuka acara simaan Al-Qur'an dalam agenda kegiatan merayakan hari jadi Kabupaten Rohil yang ke-20 ini.

Dalam sambutannya, Surya Arfan memberikan apresiasi kepada segenap panitia atas animo kehadiran generasi penerus terhadap acara simaan Al Quran ini.

"Alhamdulillah antusias yang hadir baik dari aparaturnya, dari pemerintah sendiri, dari pihak sekolah dan dari masyarakat, sehingga tenda yang kita sediakan sekarang ini sudah penuh oleh anak kita dan seluruh undangan yang hadir. Nah, tentunya kita berbahagia dan berbangga sekali, dimana kegiatan-kegiatan dilaksanakan selama hari jadi Rokan Hilir ke-20, termasuk simaan Al-Quran hari ini mendapatkan sambutan dari seluruh masyarakat kita," tutur Surya Arfan.

"Simaan Al-Quran merupakan suatu program untuk memotivasi kepada seluruh umat islam agar mencintai Al-Quran,"ujarnya.

Oleh karena itu, kata ia, pada hari ini para pembaca-pembaca Alquran dan penghafal membaca Al-Quran sampai siang nanti hingga tiga puluh juz sambil diikuti oleh para pelajar.

"Kita yang ada di sini, anak anakku sekalian biarkan kita semua juga termotivasi untuk melakukan hal yang sama di rumah masing masing atau di manapun kita berada, setiap ada peluang, ada kesempatan kita, baik siang maupun malam membaca Al-Quran sampai khatam," tutur Surya.

Dia menganjurkan jika khatam Al-Quran tidak hanya sekali. Karena ada kebiasaan jika sudah khatam tidak mau mengulanginya lagi.

"Selama kita masih hidup ya, masih bisa kita baca Al Quran maka kita terus melakukan khatam Al Quran," katanya.

Sekda menegaskan dalam hidup ini agar selalu katam Al-Quran. Maka itu, kegiatan ini diharapkan anak-anak termotivasi dan mencintai Alquran.

"Termasuk kita semua bapak ibu sekalian yang hadir di kota ini termotivasi untuk membaca dan mencintai Al-Quran," jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan ini  sudah tahun kedua pemda Rohil melaksanakan simaan Al-Quran dalam rangka hari jadi Rokan Hilir. Kegiatan ini, lanjut sekda Rohil,  terus akan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

"Sehingga nanti suatu saat semua kita yang hadir ini, seluruh masyarakat umat islam akan berlomba-lomba mencintai dan membaca Al Quran yang tentunya pada gilirannya akan menjadi penghafal Al-Quran beserta terjemahannya," katanya mengakhiri.(riaulink)

Berita Lainnya

Index