Recent Posts

deskripsi gambar

Iklan

Dinkes Inhil Bersama Pengadilan Agama Tembilahan Lakukan Muo dalam Perkawinan

Jumat, 29 Juli 2022, Juli 29, 2022 WIB Last Updated 2022-07-29T07:30:51Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Bualkan.com,_ Pengadilan Agama Tembilahan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang layanan pemeriksaan kesehatan dalam perkara permohonan dispensasi perkawinan, Kegiatan ini digelar di Ruang Aula Pengadilan Agama Tembilahan, Jl Soebrantas Tembilahan, Jum'at (29/7/2022).



Selaku Plt Dinkes Inhil Budi N Pamungkas menyampaikan, Memorandum of Understanding atau MOU ini bertujuan untuk menjamin terlaksananya pelayan kesehatan terhadap pencari keadilan terkait perkara permohonan dispensasi kawin dan menekan angka pernikahan usia dini di Kabupaten Indragiri Hilir.



"Perjanjian Kerjasama tersebut berisi tentang bagaimana proses masyarakat yang akan melakukan Permohan Dispensasi perkawinan di Pengadilan Agama  Tembilahan sehingga dirujuk untuk ke Dinas Kesehatan terlebih dahulu, agar dapat dilaksanakan pengecekan kesehatan dan mendapatkan edukasi sebelum melanjutkan Permohonannya," ujar Plt Dinkes Inhil Budi N Pamungkas dengan singkat.


Kendati demikian, Ketua Pengadilan Agama Tembilahan, Wachid Baihaqi, S.H.I., M.H., juga menyampaikan, Edukasi itu sendiri berisikan bagaimana pentingnya kesiapan fisik, Mental dan Ekonomi dalam menjalani perkawinan bagi masyarakat yang belum memenuhi umur sesuai dengan Undang- Undang yang berlaku, bahkan diedukasi juga mengenai dampak dari pernikahan dini tersebut, serta upaya pencegahan kematian ibu dan anak saat melahirkan serta mencegah stunting pasca penetapan dispensasi kawin.


"Dispensasi kawin merupakan sebuah permohonan yang dimintakan oleh pihak calon pasangan ke pengadilan setempat bagi yang belum mencukupi batas umur minimum untuk melangsungkan perkawinan," katanya Ketua Pengadilan Agama Tembilahan, Wachid Baihaqi, S.H.I., M.H..


Terkahir, ia berharap dengan adanya Perjanjian Kerjasama Pengadilan Agama Tembilahan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir merupakan komitmen Pengadilan Agama Tembilahan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 


"Semoga dengan MoU yang dilakukan ini merupakan awal dari kerjasama yang lebih baik dan membangun pemerintahan Kab Inhil lebih maju," Tuturnya Ketua Pengadilan Agama Tembilahan, Wachid Baihaqi, S.H.I., M.H.

Komentar

Tampilkan

deskripsi gambar

Terkini

Inhil

+