DP2KBP3A Inhil ; Forum Anak di Harapkan Mampu cegah Kekerasan

Bualkan.com,_ Keberadaan Forum anak sebagai wadah partisipasi anak memiliki andil yang besar dalam pembangunan generasi emas bangsa, khususnya kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (5/10/2022).

Partisipasi forum anak melalui kegiatan-kegiatan positif sebagai upaya mengakhiri kekerasan pada anak dan mengembangkan bakat dan minat yang menjadi potensi tiap diri mereka.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas DP2KBP3A Inhil R Arliansah melalui Kabid PPA dan PHA DP2KBP3A Inhil Siti Munziarni SKM MKS, forum anak memiliki peran sebagai pelopor dan pelapor. Sebagai Pelopor di sini adalah bagaimana anak-anak diharapkan dapat memulai aksi atau kontribusi positif dan sebagai agen perubahan. 

Selain itu, anak-anak diharapkan dapat melakukan pemetaan dan pemilihan isu sesuai kondisi perlindungan anak, serta memberikan alternatif solusi dari isu-isu tersebut. 

Sementara sebagai pelapor, forum anak berperan aktif melaporkan segala hal yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak melalui berbagai forum yang diadakan pemerintah. 

"Harapannya, forum anak dilibatkan dalam musrenbang berdasarkan tingkatanya agar apa yang diinginkan anak dapat terkoordinir," ujar Kabid PPA dan PHA DP2KBP3A Inhil.

Ia juga berharap, forum anak berperan aktif menyosialisasikan terkait pencegahan perkawinan anak, pembatasan penggunaan gadget, bullying hingga permasalahan lainnya melalui peran sebagai pelopor dan palapor (2P). 

"Forum anak harus memperkuat peran sebagai pelopor dan pelapor guna pemenuhan hak anak dan pelaporan jika terjadi kasus pelanggaran hak anak di Inhil," Tuturnya

Berita Lainnya

Index