DP2KBP3A Inhil ; Bkkbn Hadiri Audit Stunting

Bualkan.com,_ Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) hadiri Audit Kasus Stunting yang digelar oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Indragiri Hilir berkerjasama dengan Pemerintah Inhil Bersempena Hari Kesehatan Nasional (HKN) bertempat di Aula Gedung Wanita, Jl, Sungai Beringin Tembilahan, Sabtu (12/11/2022)



Selaku kepala DP2KBP3A Inhil R Arliansah melalui Kabid Bkkbn Inhil Dr Asril, menyampaikan, kegiatan audit stunting dapat berjalan konsisten. Sebab dengan adanya kegiatan ini dapat memetakan kejadian-kejadian stunting di suatu wilayah hingga akhirnya bisa menjadi surveilans atau pengamatan secara terus menerus dan sistematik melalui pengumpulan, analisa, interpretasi dan diseminasi penyampaian informasi masalah stunting.



“Artinya ketika kasus ini diikuti secara long term kemudian kasus ini bisa jadi pembelajaran, bisa dirunut dan kemudian bisa ditulis dalam kasus longitudinal dalam arti dari waktu ke waktu sehingga artinya peta kasus disuatu wilayah itu bisa diuraikan. Itu lah dalam bentuk surveilans,” ujar Kabid Bkkbn Inhil.



Sementara itu Ketua IDI Inhil,dr. Diana Masjkur, Sp.An. M.Kes, mengatakan, kegiatan sebagai upaya bantuan pemerintah dalam percepatan penurunan stunting di Inhil mengingat masih ada masyarakat atau wilayah yang masih terdampak Stunting.


"Kegiatan ini tentunya akan terus dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan dan wilayah yang telah ditinjau untuk melakukan penanganan stunting," katanya


Ia berharap, dengan HKN ke-58 kita bersemangat untuk melakukan penurunan angka stunting dengan melakukan kerjasama antar pelayanan kesehatan di daerah.

"Kerjasama yang baik dan saling memangku untuk kesehatan masyarakat terutama Stunting sehingga angka ini bisa teratasi dan mewujudkan Inhil Tanpa Stunting," harapnya.


Berita Lainnya

Index