DP2KBP3A Inhil; Gelar lokarkarya Mini Upaya stop Stunting

Bualkan.com,_ Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Mini Lokakarya terkait Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kabupaten Inhil, bertempat di aula kantor DP2KBP3A inhil Jl. Pendidikan Tembilahan, Selasa (22/11/2022).


Kepala dinas DP2KBP3A Inhil, R Arliansah menyampaikan, sebagai upaya penurunan dan pencegahan stunting terkait Monitoring dan Evaluasi Berkala Pelaksanaan Standar Operasional Pelayanan Pendampingan Keluarga Beresiko Stunting kepada TPPS Kecamatan, TPPS Desa/Kelurahan dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kecamatan. 

"mini lokakarya ini bertujuan untuk membahas hasil monitoring evaluasi hasil pencatatan TPK yang kemudian akan diintervensi kepada keluarga yang beresiko stunting," Ujar kadis DPKBP3A inhil. 

Ia berharap, ini bisa mengubah perilaku dan ketika sudah mendapat pendampingan dan stunting ini bisa dicegah lebih awal. 

" Untuk bagi para ibu hamil yang beresiko stunting serta para calon pengantin (Catin) agar dapat selalu memeriksakan kesehatan melalui tenaga kesehatan sehingga pantauan terhadap kesehatan mulai dari perkembangan serta gizi dapat terus terpantau, " Katanya

Terkahir ia berpesan, Catin harus makan yang bergizi dan seimbang. Untuk Catin, ketika diberikan tablet tambah darah harus diminum, jangan susah payah mencari obat yang mahal, di Puskesmas itu gratis. 


“Ibu hamil juga periksakan kesehatannya di tenaga kesehatan bukan di dukun. Kemudian untuk ibu-ibu yang menyusui, berikan anak-anak yang baru lahir itu asi eksklusif karena asi ini adalah gizi yang terbaik bagi bayi berumur 0-6 bulan,” Tuturnya kadis DP2KBP3A

Berita Lainnya

Index