DP2KBP3A Inhil; GDPK Pedoman Dalam Pengendalian Kependudukan

Bualkan. Com, - Dengan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) tahun 2022 sebagai upaya mewujudkan sinergi sinkronisasi dan harmonisasi pengendalian kuantitas, peningkatan kualitas, pembangunan keluarga. 

Selalu kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) kabupaten Indragiri hilir (Inhil) R. Arliansah, mengatakan, bahwa Grand Design adalah suatu pedoman menuju lebih baik dalam pengendalian kependudukan.

“Pengendalian Kependudukan bukan hanya membatasi dua anak lahir, tapi kita menyiapkan manusia yang berkualitas dari sejak dari kandungan ibunya hingga ia berumur dua tahun,” ujar Kadis DP2KBPA3. 

 Lanjutnya, Grand Design pengendalian kependudukan diarahkan untuk mengelola pertumbuhan penduduk melalui pengendalian kelahiran dengan cara mengoptimalkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana (KB). 

"Selain itu, pengendalian kelahiran sendiri dilakukan melalui upaya pengaturan usia ideal perkawinan, usia ideal melahirkan, jarak ideal melahirkan serta jumlah ideal anak yang dilahirkan dan juga seperti pencegahan kematian ibu dan anak," Katanya

Ia berharap penuh untuk Kabupaten inhil dan masyarakat agar lebih maju, terutama dalam hal pengendalian penduduk.

" Dengan kerjasama perlindungan dan menurunkan angka kematian bahkan peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, pengarahan mobilitas penduduk, dan pengembangan data base kependudukan," harapanya Kadis DP2KBP3A inhil R. Arliansah. 

Berita Lainnya

Index