Tips Cegah Terjadinya KDRT Dalam Keluarga

Bualkan.com,_ Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) kabupaten Indragiri hilir (Inhil) beritakan imbauan antisipasi terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Selaku Kabid PPA dan PHA Fitri Astuti, menyampaikan, jika dilihat dari psikologi mengatakan ada beberapa cara yang bisa dipraktikkan para pasangan suami istri untuk mengelola emosi dalam pernikahan agar tidak berujung kepada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Salah satunya adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri (me time) guna menjaga emosi tetap stabil.

"Luangkan waktu untuk me time agar kondisi emosi lebih stabil dan bisa me-refresh mood," Ujar Kabid PPA dan PHA, Rabu (23/11/2022). 


Kabid PPA dan PHA mengatakan, saat sedang marah, sebaiknya jauhi sejenak sumber emosi. Cobalah untuk menenangkan diri dengan cara menenangkan pikiran yang dapat membantu meredakan amarah:
1: Kelola stres.
2: Alihkan perhatian.
3: Kenali sumber amarah.
4: Berhati-hati dalam berbicara saat sedang marah.
5: Hindari menyalahkan orang lain.
6: Redakan dengan humor.
7: Hirup udara segar.
8: Cari solusi.

"Ketika emosi sudah lebih tenang, baru coba diskusikan masalah dengan pasangan," Katanya. 

Terakhir ia berpesan, Waspada bila pasangan kerap mengancam atau memaksakan kehendak serta tidak terbuka terkait kondisi keuangan. 

"Pertimbangkan lagi hubungan bila pasangan tidak pernah mau berdiskusi dan selalu merasa ada di pihak yang benar ketika muncul konflik, " Tutupnya Kabid PPA dan PHA.

Berita Lainnya

Index