Kontrasepsi Tepat Indonesia Sehat, Meningkatkan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Guna Mencapai Indonesia Sehat

Kontrasepsi Tepat Indonesia Sehat, Meningkatkan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Guna Mencapai Indonesia Sehat

Inhil,_Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)melalui bidang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  kembali mengitkan ada yang dinamakan Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day. Sejatinya hal ini perlu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada.

Kepala DP2KBP3A Inhil, Drs Sirajuddin MM melalui Tim pasilitator Kab. Inhil dp2kbp3a, Nur Darma, Menyambutkan,Perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah.  Dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier. 

"Kemampuan untuk merencanakan kehamilan termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan. Di sisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan, " Ujar  Tim pasilitator Kab. Inhil dp2kbp3a, Nur Darma. (1/5/23) 

Selain itu juga agar memungkinkan pasangan usia subur dalam membuat pilihan metode kontrasepsi berdasarkan  informasi  tentang  kesehatan  seksual  dan  kesehatan  reproduksi mereka.

Terdapat tiga jenis pilihan metode kontrasepsi bagi pasangan usia subur yang sudah menikah. Pertama adalah kontrasepsi hormonal yang terdiri dari IUD hormonal, implan, pil KB, kontrasepsi darurat, dan suntikan KB.

Lalu kontrasepsi non-hormonal yang terdiri dari IUD non-hormonal, kondom, serta sterilisasi (tubektomi, dan vasektomi).  

Terakhir kontrasepsi alami berdasar metode kalender, senggama terputus, dan metode menyusui yang dikenal dengan MAL atau Metode Amenorea Laktasi.

 Metode MAL  ini dapat digunakan bagi Ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui bayinya.

BKKBN kemudian membaginya menjadi 2 jenis, yaitu metode kontrasepsi jangka pendek yang terdiri dari pil KB dan suntikan KB, kondom.

Kemudian, metode kontrasepsi jangka panjang yang terdiri dari alat kontrasepsi dalam Rahim (IUD), Implan, Tubektomi dan Vasektomi.

 

Terkhir, Tahun  ini,  Hari  Kontrasepsi  Sedunia  di  Indonesia  mengambil tema ‘Meningkatkan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Guna Mencapai Indonesia Sehat’.

"Di Indonesia peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia dijalankan sebagai momentum meningkatkan komitmen  & dukungan  stakeholder,  provider  medis,  mitra  kerja  dan masyarakat untuk percepatan pencapaian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara menyeluruh," Tutupnya  Tim pasilitator Kab. Inhil dp2kbp3a, Nur Darma. 

Berita Lainnya

Index