Sukseskan Penurunan Angka Stunting, Penyuluh KB Dituntut Lebih Inovatif

Sukseskan Penurunan Angka Stunting, Penyuluh KB Dituntut Lebih Inovatif

Bualkan.com,_ Untuk turunkan angka stunting atau kondisi gizi buruk pada balita, seluruh tim penyuluh Keluarga Berencana (KB) harus lebih inovatif dalam mengemas materi sosialisasi untuk masyarakat. Terlebih di masa pandemi yang hingga saat ini masih mulai berakhir. 

 

Himbauan itu disampaikan  Kadis DP2KBP3A Inhil, Drs H Sirajuddin MM, menyampaikan, tentang pentingnya kreatifitas SDM penyuluh KB dalam menciptakan materi sosialisasi. Sehingga pesan komunikasinya dapat diterima masyarakat untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yakni bagaimana para ibu di Kabupaten Inhil memiliki edukasi yang bagus tentang upaya pencegahan stunting di lingkungan masing-masing.    

“Ke depan harus kita rumuskan tentang penanganan stunting kegiatan dalam sosialisasi KB. Tiap tahun tidak boleh ditinggalkan, meski selalu ada sosialisasi. Karena itu harus ada pendataan, survey dan lainnya yang lebih akurat, terutama di masa pandemi," Ujar Kadis DP2KBP3A Inhil, Selasa (13/6/2023). 

Lanjut, kepada para penyuluh KB agar mampu memahami karakter masyarakat di Kabupaten Inhil yang tersebar di 20Kecamatan. Terutama dari segi perbedaan bahasa yang sangat berpengaruh terhadap pemahaman dalam penyampaian pesan. Sehingga komunikasi yang disampaikan akan jauh lebih efektif.  

“Semua penyuluh KB juga harus paham karakter masyarakat. Misalnya secara penguasaan bahasa agar tidak terjadi miss komunikasi. Karena itu dibutuhkan metode sosialisasi dan edukasi yang efektif sekaligus harus disesuaikan dengan muatan lokal. Karena stunting ini masalahnya kompleks. Rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, pemahaman terhadap kesehatan juga rendah dan kultur masyarakat. Juga masih banyaknya pernikahan dini”, tandasnya.

Ia berharap.pendataan melalui survey sebagai cara untuk memperoleh data-data valid. Selanjutnya dijadikan pijakan dalam mengoptimalkan upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Pasuruan.   

“Pemkab Pasuruan terus mengusahakan Kabupaten Pasuruan Satu Data yang nantinya akan dijadikan dasar dalam membuat program & kegiatan,"Tuturnya Kadis DP2KBP3A Inhil. 

 

Berita Lainnya

Index