BPBD inhil Ajak Masyarakat Terus Waspada Hidrometeorologi

BPBD inhil Ajak Masyarakat Terus Waspada Hidrometeorologi

BUALKAN.COM,.INHIL- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil ) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap perkiraan hidrometeorologi. Kamis (18/4/2024).

Selaku Kepala Dinas (Kadis) BPBD Menyampaikan, R Arliansyah, Dimana terjadi beberapa fenomena gangguan atmosfer yang mempengaruhi cuaca di wilayah Sumbar, antara lain aktivitas gelombang rossby equatorial dan kelvin yang diperkirakan berlanggsung di beberapa wilayah.

"Terkait press release tersebut, kita menghimbau agar masyarakat selalu waspada, dan posko selalu memantau perkembangan cuaca,"Ujar Kadis BPBD.

Kemudian, dia menyebut untuk pengaduan bencana bisa mendatangi posko BPBD Inhil di Jalan Swarna Bumi, Tembilahan.

Dengan adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan menyebabkan peningkatan peluang kejadian cuaca ekstrem yang dapat berdampak menjadi bencana hidrometeorologi di Sumbar. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, petir/kilat, dan jalan licin.

“Lalu mencari lokasi yang aman apabila kondisi hujan terjadi dalam intensitas yang tinggi dan durasi yang lama, serta selalu mengikuti arahan petugas-petugas terkait kebencanaan. Serta selalu meng-update informasi cuaca melalui  BMKG,” pungkasnya.
 

Berita Lainnya

Index