All England 2024

All England 2024: Jonatan Christie Torehkan Sejarah

All England 2024: Jonatan Christie Torehkan Sejarah

Jonata⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠n⁠⁠⁠⁠⁠⁠ Christie mencatat sejarah menjadi pemain tunggal putra Indonesia pertama dalam 30 tahun terakhir yang menjuarai turnamen badminton tertua di dunia, All England.

Pada nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu mempertahankan gelar juara setelah menumbangkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dua gim langsung: 21-16 21-16.

Di babak final di Birmingham, Inggris, Minggu (17/03), Jojo — panggilan Jonatan — menundukkan sesama pemain Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, dua gim langsung 21-15 21-14.

Jonatan mempersembahkan trofi juara kepada seluruh pemain tunggal putra Indonesia.

"Saya tahu persis bagaimana perjuangan para pemain tunggal putra … saya tahu bagaimana kami semua berusaha, saya tahu bagaimana orang [luar] melihat kami, bagaimana kami dipandang orang, jadi trofi ini untuk mereka. Juga untuk tim pelatih,” kata Jojo kepada wartawan Mohamad Susilo, yang meliput All England di Birmingham.

 

Terakhir, Bagi Jonatan ini sekaligus adalah gelar Super 1000 yang pertama. Ia mengatakan tidak menyangka akhirnya bisa menjadi juara All England.

“Saya masih ingat, dulu melihat para pemain memegang trofi juara … hari ini saya tahu rasanya menjadi juara,” tuturnya Jonatan.

Sebelum Jonatan, gelar juara di sektor ini diraih oleh Hariyanto Arbi, yang pada 1994 mengalahkan sesama pebulutangkis Indonesia, Ardy Wiranata. Laga tersebut menjadi salah satu pertandingan klasik final All England.

 

Berita Lainnya

Index