deskripsi gambar

Recent Posts

Iklan

Enam Belas Desa di Kecamatan Keritang Terima Sosialisasi PTOPKD

Minggu, 27 Maret 2022, Maret 27, 2022 WIB Last Updated 2022-03-29T13:52:33Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Bualkan.Com,- Enam Belas desa di kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir menerima Sosialisasi Petunjuk Teknis Operasional Pengelolaan Keuangan Desa (PTOPKD) kolaborasi kementerian dalam negeri di aula Kantor camat Keritang Kabupaten Inhil, Sabtu (12/02/22).


 Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dari Dinas PMD Inhil kepada Desa dengan membentuk petunjuk teknis operasional PTOPKD dan kolaborasi peraturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2018 dengan peraturan menteri PDTT 7 tahun 2021.

Sehingga pemerintah secara teknis memahami kebijakan pengelolaan keuangan Desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan desa. 

 

Kemudian dalam pengelolaannya keuangan desa harus mengedepan (1) Transparan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi mengenai keuangan Desa, (2) Akuntabel, dimana pengelolaan keuangan Desa harus dijalankan secara legal dan (3) Partisipatif yang memberikan akses kepada masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan keuangan Desa. 

 

Junaidi kabid Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Sub Koordinator Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kabupaten Inhil melalui Ulfa Santoso Kasi PMD Keritang mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak DPMD Kabupaten Inhil yang telah melaksanakan acara sosialisasi PTO ini karena tujuannya sudah jelas agar seluruh kepala desa dapat mengikuti dengan cermat sehingga nantinya tidak ada lagi Desa-Desa yang melenceng dari PTOPKD dalam pengelolaan keuangan desa.

 

"Oleh karena itu, sosialisasi ini sangat penting sekali. Maka dari itulah kami semoga dengan adanya sosialisasi ini pemerintahan desa dan BPD semakin paham tentang tupoksi masing-masing dan semakin paham tentang tata cara penganggaran dan penatausahaan dan pelaporan APBDes khusus untuk tahun 2022 ini," imbuhnya
Komentar

Tampilkan

deskripsi gambar

Terkini