Recent Posts

Iklan

Bupati Inhil Bersama Istri Lakukan Silaturrahmi Dengan Para Lansia

Rabu, 16 Juni 2021, Juni 16, 2021 WIB Last Updated 2021-07-04T14:49:49Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini


Bualkan.com , -Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP bersama istri selaku Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME bersilaturahmi dengan para lansia, Rabu (16/6/2021).

Acara ini ditaja oleh Dinas Sosial di Rumah Singgah Baiturrahman, dalam rangka peringatan Milad Ke-56 Kabupaten Inhil yang disejalankan dengan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-25 Tahun 2021.

Kedatangan Bupati dan Ketua K3S disambut dengan lantunan sholawat. Tampak hadir pula pada kesempatan itu Unsur Forkopimda, Sekda Drs H Afrizal MP beserta istri Hj Siti Marwiyah, Ketua Organisasi-organisasi Wanita, serta tamu undangan lain.

Untuk diketahui, kegiatan ini disaksikan oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lansia Kementerian Sosial RI, Drs Andi Hanindito MSi secara virtual melalui zoom meeting.


Sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati yang didampingi Ketua K3S, Unsur Forkopimda, juga kepala Dinas Sosial menyerahkan santunan kepada veteran dan lansia, kartu BPJS, serta penghargaan kepada pegiat sosial.

Bupati menyebut, Kementerian Dalam Negeri melalui kawat, menginstruksikan kepada seluruh Gubernur, Bupati/ Walikota untuk melaksanakan Peringatan Hari Lanjut Usia, dengan rangkaian kegiatan antara lain yaitu Cek Kesehatan Lansia Gratis, Kunjungan Panti Jompo, dan Kegiatan Bhakti Sosial, yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing sejak tanggal 29 Mei sampai 30 Juni 2021.


"Untuk itu, saya mengarahkan kepada Dinas Sosial selaku leading sector Program Kesejahteraan Sosial, agar mempersiapkan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional secara koordinatif, dengan melibatkan OPD, Ormas dan LSM terkait, serta disejalankan dengan kegiatan Milad Ke-56," ungkap Bupati.

Arahan Bupati ini bermaksud, agar kegiatan HLUN yang pada tahun-tahun sebelumnya hanya sebatas kegiatan internal Dinas Sosial, meningkat menjadi kegiatan eksternal integratif, lebih bermanfaat bagi lansia, dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi salah satu fokus kegiatan bhakti sosial dalam rangka Milad Kabupaten Inhil.


"Hari Lanjut Usia Nasional Ke-25 yang mengusung Tema Lansia Bahagia Bersama Keluarga, merupakan wujud penghargaan dan ucapan terima kasih, kepada para lansia, dan semua orang tua kita, atas jasa, pengorbanan dan kasih sayangnya dalam melindungi, membesarkan dan memuliakan harkat serta martabat anak-anaknya. Sebagaimana ungkapan lama mengatakan: Kasih sayang orangtua sepanjang jalan, kasih sayang anak sepanjang galah," urai Orang Nomor 1 di Inhil ini.

Berdasarkan Sensus Penduduk Tahun 2020, di Kabupaten Inhil, jumlah penduduk yang berusia antara 54-75 tahun sebesar 71.048 atau 10,84 persen dari total penduduk 654.909 jiwa. Jika merujuk kepada Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, maka ditetapkan umur lansia adalah 60 tahun ke atas.

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, lansia merupakan salah satu kelompok rentan yang harus diantisipasi dan mendapat perhatian semua pihak. Karena para lansia tidak bisa mengakses sumber-sumber layanan seperti kesehatan, sosial dan olahraga, maka para lansia juga sangat mudah terinfeksi penularan Covid-19.


"Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah berupaya meningkatkan pelayanan terhadap lansia, di seluruh RSUD, Puskesmas dan Pustu, serta memberikan vaksin bagi lansia. Diharapkan bagi keluarga lansia, atau yang memiliki lansia dalam keluarga, panti lansia, pekerja sosial, RT dan RW, mari bersama-sama Pemerintah Daerah dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, kita ikuti kegiatan vaksin dengan kesadaran," harapnya.

Sebab, imbuhnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan tertularnya virus corona, selain menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir atau memakai hand sanitizer, menjaga jarak dan mengurangi berpergian yang tidak mendesak.

Di akhir acara, Bupati dan Ketua K3S melakukan pemotongan tumpeng, dan menyuapi salah satu lansia. Kemudian Bupati dan rombongan meninjau vaksinasi di Rumah Singgah tersebut.



Komentar

Tampilkan


Terkini