Recent Posts

Iklan

Dinkes Inhil Gelar Pelayanan Teknis Palayanan Kefarmasi

Selasa, 09 November 2021, November 09, 2021 WIB Last Updated 2021-11-09T09:49:41Z
pasang iklan disini
masukkan script iklan disini
Bualkan.Com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar bimbingan teknis petugas pengolola fasilitas pelayanan kefarmasi,  Terhadap Pemenuhan Standart & Persyaratan Sarana Pelayanan Kefarmasian yang dilaksanakan di Hotel Top 5 Tembilahan Jalan Baharuddin Yusuf. Selasa (9/11/21).
kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Rahmi Indrasuri selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil , beliau menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk Untuk memberikan pemahaman kepada penanggung jawab apotek dan toko obat mengenai manajemen pengelolaan sarana farmasi yang sesuai Standart  Kefarmasian sehingga menghasilkan mutu pelayanan kefarmasian yang lebih baik, sehingga  Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kesehatan dapat memastikan kesesuaian antara penyelenggaraan pelayanan kefarmasian dengan standar pelayanan kefarmasian yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan ketentuan-ketentuan lain yang ditetapkan oleh BPOM.

“Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi apoteker di fasilitas pelayanan kefarmasian dalam pemenuhan standar dan persyaratan, meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di sarana pelayanan kefarmasian serta terlaksananya sosialisasi perizinan apotek sesuai PP Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko,” katanya.



Ia menambahkan, dalam kegiatan ini akan diberikan arahan bagaimana pelayanan kefarmasi yang baik yang berlangsung selama 2 hari (Selasa-Rabu,) November 2021, kefarmasian yang diselenggarakan ini yang diikuti oleh semua fasilitas pelayanan kefarmasian haruslah mampu menjamin ketersediaan obat yang aman, bermutu dan berkhasiat dan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Akses terhadap obat, alat kesehatan dan BMHP yang aman, bermutu dan berkhasiat merupakan salah satu hak asasi manusia.


“Oleh karena itu masyarakat perlu dilindungi dari risiko sediaan farmasi dan BMHP yang tidak terjamin keamanan, khasiat dan mutu serta penyimpangan pengelolaannya. Pelayanan kefarmasian yang dilaksanakan oleh apoteker tidak hanya tentang pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) juga termasuk pelayanan farmasi klinik yang dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan Narasumber dari Dinkes Kab Inhil BBPOM dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)," Tutup sekteris Dinas kesehatan Kabupaten Inhil.

Komentar

Tampilkan


Terkini