Dinas PMD Inhil Gelar Pelatihan Sia BUMDes

Inhil,_ Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) secara resmi buka kegiatan pelatihan Aplikasi sistem informasi akuntansi badan usaha milik desa (SIA BUMDes) di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan Jl Guru Hasan, Minggu malam (31/10/2022)

Kegiatan tersebut dilaksanakan kurang lebih 2 (dua) hari yang dibagi dua kelas dihotel Arista Tembilahan dengan jumlah Peserta 60 orang terdiri dari Direktur dan bendahara BUMDESA masing-masing dan narasumber dari BPKP Provinsi Riau sebanyak 3 orang. Jumlah diutus dari kecamatan Batang Tuaka, Kemuning, Reteh, keritang, tanah merah, palangiran, Mandah, bahkan kegiatan tersebut dihadiri Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili oleh asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Tantawi Jauhari.



Dalam kesempatan tersebut kepala Dinas PMD Inhil Budi N pemungkas menyampaikan, kegiatan ini tentunya berharap BUM Desa dapat dikelola dengan professional, transparan dan akuntable, diperluan aplikasi terkomputerisasi untuk pengelolaan keuangan BUM Desa. 

"Perlu mengembangkan aplikasi yang diperkenalkan dengan nama Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUM Desa),"ujar Kadis PMD Inhil Budi N pemungkas.



Lanjut, Aplikasi SIA BUM Desa telah dilakukan pengenalan, simulasi dan pengoperasian bahkan Aplikasi yang dikembangkan sangat sederhana dalam pengelolaan keuangan BUMDes.

 “Bisa-bisa lebih sederhana dari aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)
SIABUMDes adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu proses pengelolaan keuangan dan manajemen administrasi BUMDes agar dapat dikelola secara professional dan terkomputerisasi,” Katanya.


Ia juga berharap, kegiatan ini sangat penting dalam menyerap ilmu dan masukan dari para praktisi yang sudah dihadirkan, dan kemudian mengaplikasikannya dalam kegiatan desa dan BUMDes masing-masing.

"Saya juga berharap, kegiatan digitalisasi akan secara berkesinambungan kita lakukan di berbagai bidang lain,"harapnya Kadis PMD Inhil Budi N pemungkas.

Berita Lainnya

Index