BMKG Pekanbaru Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem dan Bencana di Wilayah Inhil

BMKG Pekanbaru Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem dan Bencana di Wilayah Inhil
Google.web

BUALKAN.COM, INHIL-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru mengingatkan beberapa wilayah di Provinsi Riau untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang mengakibatkan terjadinya bencan hidrometeorologi.

BMKG Pekanbaru baru saja mengeluarkan Press Release Kewaspadaan Cuaca Ekstrem di Riau pada tanggal 16 hingga 21 April 2024.

Hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es bisa saja terjadi di wilayah Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti,  Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir.

 

Saat ini suhu muka laut diperairan Riau yang masih hangat yang dapat mengakibatkan peningkatan pasokan uap air di atmosfer, serta di adanya pola belokan angin di wilayah Provinsi Riau yang dapat membuat pertumbuhan awan awan hujan cukup signifikan.

Selain itu terdapat gangguna atmosfer gelombang Kelvin yang juga dapat mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang massif di wilayah Provinsi Riau.

BMKG Pekanbaru sebagai Koordinator wilayah Riau menghimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang selama sepekan kedepan.

Diharapkan masyarakat lebih mengantisipasi terhadap dampar yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk selalu memantau cuaca terkini serta peringatan dini cuaca ekstren melalui website https://nowcasting.bmkg.go.id/, bisa juga mengikuti media sosial kami di intagram @infocuacariau, dan saluran telepon serta WhatsApp: 08117600063

Berita Lainnya

Index