Astaga !, Pompong Tenggelam Penumpangnya Hilang

Astaga  !, Pompong Tenggelam Penumpangnya Hilang

Inhil,_Satu unit pompong (kapal motor) nelayan tenggelam di Teluk Pinang Kecamatan Kuala Gaung Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (02/04/2023).


Menurut keterangan Komandan Posal TNI AL TG Datuk Tembilahan Letda Laut (P) Arisman, Selasa (02/04/2023) mengatakan kapal yang tenggelam adalah kapal pompong nelayan yang saat ini belum diketahui identitasnya.

Diketahui bahwa pada hari Selasa tanggal 2 Mei 2023  Pukul 06.00 WIB kapal pompong tanpa nama bermuatan 5 orang berangkat dari teluk pinang menuju Kuala Gaung Anak Serka untuk mencari pucuk pohon Nipah.

 

Lalu, sekitar pukul 15.45 WIB Kapal pompong tanpa nama selesai mencari pucuk nipah dan bergerak menuju teluk pinang untuk kembali pulang.

Informasi kapal tenggelam ini awalnya diungkapkan anggota Posal Tg. Datuk Kld BAH Eldi mendapat informasi dari nelayan bahwa ada kapal pompong tenggelam, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada Danposal Tg. Datuk.

 

"dikarenakan gelombang air sungai yang sangat kuat sehingga pompong tersebut oleng tidak bisa dikendalikan yang mengakibatkan pompong terbalik, dan tenggelam," ujarnya.

 

Pada Pukul 16.45 WIB Anggota Posal Tg. Datuk Kld BAH Eldi mendapat informasi dari nelayan bahwa ada kapal pompong tenggelam, selanjutnya melaporkan kejadian tsb kepada Danposal Tg. Datuk.

Dengan sigap pukul 17.00 WIB Komandan Posal Tg Datuk memerintahkan 3 personil Posal Tg Datuk menuju lokasi menggunakan boat masyarakat menuju ke lokasi untuk melaksanakan SAR.

 

“Untuk Tim SAR Gabungan segera melakukan perjalanan ke tempat di mana lokasi kejadian, dan saat itu belum diketahui apakah kelima kru Abk selamat atau tenggelam bersama kapalnya,” ujarnya

 

"Atas kejadian ini kami masih mencari 2 orang dinyatakan belum ditemukan, karena sebanyak 5 Abk itu masih dalam proses pencarian oleh Tim SAR Gabungan dan baru 3 orang ditemukan. Kapal pompong nelayan dengan mesin Cacai 175 PK Diesel yang tenggelam di Perairan Teluk Pinang kecamatan Kuala Gaung Kab Inhil, Pada titik Kordinat -0,1460530 N - 103,4100 E, belum diketahui penyebabnya, pada pukul 16.45 WIB,” katanya.

 

Lebih lanjut dikatakan untuk saat ini dari 5 Abk ditemukan 3 orang dan 2 orang belum ditemukan atau masih dalam proses pencarian.

 

Lanjutnya. data manifes di kapal nelayan tersebut ada lima orang, yakni 3 orang sudah ditemukan dengan selamat, Hudri (Teluk pinang), Burhan (Teluk Pinang), Rudy (Teluk Pinang), dan 2 orang masih belum ditemukan yakni, Murniati (Teluk Pinang), Iyang (Teluk Pinang).

Berita Lainnya

Index