DP2KBP3A Inhil; Bersama Optimalisasikan Pelayanan KB

Bualkan.com,_Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bidang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Gelar Fasilitasi dukungan operasional PKBRS dan peningkatan perluasan akses pelayanan KB, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Darma Wanita Tembilahan Jl. Sungai Beringin, Selasa (1/11/2022).



Selaku Kepala Dinas DP2KBP3A Inhil R Arliansah menyampaikan, menjalankan sejumlah strategi untuk merevitalisasi pelayanan Program Keluarga Berencana (KB) di setiap rumah sakit atau puskesmas dan bidan, tentunya sangat penting karena dengan DP2KBP3A Inhil yang memiliki BKKBN tentunya dengan bersama sama mewujudkan penurunan angka stunting.

“Strategi kita pertama, melakukan review atau memperkuat regulasi pelayanan KB di pelayanan kesehatan, pedomannya sudah ada dan sudah berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes),”ujar kadis DP2KBP3A Inhil.

R Arliansah mengatakan, tentu dengan Strategi yang digencarkan selanjutnya yakni memperkuat dukungan lintas sektor bersama sejumlah kementerian, pemerintah daerah dan organisasi profesi untuk mengembangkan pelayanan KB di rumah sakit.

“Kita sudah melakukan diskusi baik itu dengan IBI, Dinkes, Karena ini menjadi bagian untuk mengembangkan pelayanan rumah sakit,” katanya.

Ia berharap melalui revitalisasi, pelayanan kesehatan di rumah sakit atau puskesmas dapat terus ditingkatkan melalui kerja sama dengan seluruh mitra kerja untuk menggalakkan kembali program KB kepada masyarakat.

“Kita berharap, dapat meningkatkan akses pelayanan KB dan kesehatan produksi yang berkualitas. Sedangkan secara khusus, kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan peran dan komitmen tentunya dukungan rumah sakit dalam pelayanan KB,” Tuturnya.


Berita Lainnya

Index