DP2KBP3A Inhil; Tenamkan Pengarusutamaan Gender Dalam Pendidikan

Bualkan.com,_Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Inhil, gelar sosialisasi pengurustamaan Gender ((PUG) di kecamatan Tembilahan Kegiatan dilaksanakan di aula gedung darma wanita Jl. Sungai Beringin Tembilahan, Jum'at Pagi (18/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri peserta dari 10 sekolah Masing-masing dari satu orang Waka kurikulum dan 4 orang siswa dari masing-masing satuan pendidikan.

Kepala Dinas DP2KBP3A Inhil R Arliansah, menyampaikan, tujuan kegiatan sosialisasi pengaruh gender di kecamatan Tembilahan ini adalah memberikan pemahaman kepada pemegang kebijakan dan pelaksana di dalam dunia pendidikan untuk menyusun strategi mengintegrasikan gender di dalam kurikulum sehingga dapat terlaksana kurikulum berbasis gender di sekolah.


"Dengan kegiatan ini merupakan keadilan gender di satuan pendidikan yang ketiga mewujudkan pengelolaan perencanaan penganggaran responsif gender yang ada di sekolah yang keempat memunculkan duta duta gender yang ada di satuan pendidikan," ujar Kadis DP2KBP3A Inhil R Arliansah.


Ia menambahkan, pengerustamaan Gender sangat erat dengan upaya mewujudkan berkelanjutan pembangunan berkelanjutan tidak dapat dicapai jika tidak melibatkan masyarakat terlebih jika terdapat ketidak adilan gender khususnya pekerjaan dan pendidikan memastikan pengarustamaan perlu dilakukan untuk menjamin semua warga negara.

"Laki laki dan perempuan dapat mengakses pelayanan pendidikan sehingga laki-laki dan perempuan dapat mengembangkan potensi secara maksimal penyelenggaraan pendidikan," katanya.

Terkahir, Kadis DP2KBP3A Inhil menyampaikan, sosialisasi PUG dapat mewujudkan optimalisasi kesetaraan gender di lingkup pendidikan.

“Melalui sosialisasi PUG ini semua program pembangunan dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu bersama mewujudkan kesetaraan gender pada lembaga pemerintahan pendidikan,” tutupnya Kadis DP2KBP3A Inhil R Arliansah

Berita Lainnya

Index